19 Kepala Negara Ingin Bertemu Empat Mata dengan Jokowi

19 Kepala Negara Ingin Bertemu Empat Mata dengan Jokowi
Ilustrasi

jpnn.com - JAKARTA - Belasan kepala negara mengajukan permintaan untuk bertemu Presiden Joko Widodo di sela-sela kegiatan Konferensi Asia Afrika (KAA). Para kepala negara tersebut, ingin bertemu presiden secara khusus dalam bilateral meeting.

"Ada 19 kepala negara. Salah satunya bilateral meeting antara Presiden Jokowi dan Presiden Xi Jinping (Tiongkok)," ujar Menteri Luar Negeri Retno LP. Marsudi di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (19/4).

Retno mengaku pihaknya berusaha mengatur waktu pertemuan presiden dengan para kepala negara tersebut. Pasalnya, waktu presiden sangat padat saat KAA. Ia belum merinci jadwal pasti pertemuan-pertemuan tersebut.

"Presiden harus memimpin sidang dan bertemu beberapa pemimpin lain jadi kami coba untuk mencocokkan jadwal dari presiden. Kami akan akomodasi semua sebisa mungkin karena mereka tamu kita," imbuh Retno.

Di sela KAA,  kata dia, Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla akan bertemu dengan sejumlah kepala negara yang tergabung dalam OKI. Salah satunya membahas perang di Yaman. "Tapi bukan rapat OKI. Hanya silaturahmi," kata Retno.

Seperti diketahui jumlah kepala negara/ kepala pemerintahan dan atau wakil kepala negara/wakil kepala pemerintahan yang menghadiri pertemuan dan peringatan KAA ke-60 sebanyak 32 orang.

Adapun kepala negara atau kepala pemerintahan yang hadir antara lain dari negara Brunei Darussalam, Jordania, Swaziland, Tiongkok, Korea Utara, Iran, Madagaskar, Malawi, Myanmar, Namibia, Sudan, Timor Leste, Vietnam, Zimbabwe, Bangladesh, Kamboja, Mesir, Gabon, Malaysia, Nepal, Pakistan, Palestina, Singapura, Thailand.

Sementara enam wakil kepala negara atau wakil kepala pemerintahan yang hadir adalah Aljazair, Angola, Liberia, Filipina, Seychelles, Zambia. (flo/jpnn)


JAKARTA - Belasan kepala negara mengajukan permintaan untuk bertemu Presiden Joko Widodo di sela-sela kegiatan Konferensi Asia Afrika (KAA). Para


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News