46 Persen PNS Tenaga Administrasi

46 Persen PNS Tenaga Administrasi
PNS. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA--Wajar kiranya pemerintah akan memberlakukan pensiun dini bertahap mulai 2016. Pasalnya, hampir 50 persen PNS di Indonesia hanya menduduki jabatan fungsional (jabfung) umum seperti tenaga administrasi.

Menurut Asisten Deputi Koordinasi Kebijakan, Penyusunan, Evaluasi Program, dan Pembinaan SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Bambang Dayanto Sumarsono, jumlah PNS di Indonesia hingga 2014 mencapai 4,375 juta. Dari jumlah tersebut, terbanyak adalah tenaga fungsional umum.

"Ini jadi pekerjaan rumah bagi pemerintah pusat dan daerah. Bagaimana meningkatkan kemampuan PNS-nya. Apakah melalui pelatihan dan pendidikan, serta lainnya," kata Bambang, Minggu (19/4).

Data KemenPAN-RB menyebutkan, formasi PNS di Indonesia terdiri dari guru sebanyak 1.785.410, medis 31.754, pramedis 303.754. Untuk jabfung umum 2.003.093 (45,79 persen), jabfung struktural 48.847 persen, dan jabfung lainnya 222.093 orang.

"Melihat komposisi PNS ini, sangat tidak proporsional untuk menuju pemerintah yang berkelas dunia. Harusnya komposisi terbesar adalah jabatan fungsional khusus, di samping komposisi tenaga medis dan pendidikan," bebernya.

Dia mengimbau Pemda untuk memberikan berbagai pendidikan dan pelatihan bagi PNS yang berada di jabatan fungsional umum. Ini agar kemampuan PNS-nya meningkat. (esy/jpnn)


JAKARTA--Wajar kiranya pemerintah akan memberlakukan pensiun dini bertahap mulai 2016. Pasalnya, hampir 50 persen PNS di Indonesia hanya menduduki


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News