Polda Jateng Gelar Tes Urine Mendadak untuk Anggota Polresta Magelang

Polda Jateng Gelar Tes Urine Mendadak untuk Anggota Polresta Magelang
Polda Jateng Gelar Tes Urine Mendadak untuk Anggota Polresta Magelang

jpnn.com - MAGELANG – Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah tanpa pemberitahuan melakukan tes urine terhadap para anggota Polres Magelang Kota, Sabtu (18/4). Tes urine dilakukan secara acak terhadap para anggota Polresta Magelang yang berdinas.

Kapolres Magelang Kota AKBP Zain Dwi Nugroho mengatakan, tes urine itu dilakukan untuk memastikan para anggotanya sebagai pengkonsumsi narkoba atau tidak. ”Tanpa pemberitahuan. Prosesnya dilakukan secara bertahap, dan anggota pun diperiksa secara acak,” katanya seperti dikutip Radar Jogja.

Menurut Zain, sebenarnya tes urine kepada anggota kepolisian sudah sering dilakukan. Namun, dengan adanya arahan dari Polda Jawa Tengah, pihaknya semakin intensif menggelar pemeriksaan.

”Ini semacam inspeksi mendadak (sidak), dengan tujuan untuk mencegah penyalahgunaan narkoba di jajaran Polres Magelang Kota,” tandasnya.
Tak hanya berlangsung kemarin saja, tes urine itu akan berlanjut pada hari-hari yang akan datang. ”Sifatnya insidentil, dan waktunya dirahasiakan. Hasil tes ini bisa langsung diketahui, apakah anggota positif atau negatif konsumsi narkoba,” lanjutnya

Sedangkan Wakapolres Kompol Rudy Cahya Kurniawan memastikan tidak ada unsur manipulasi dalam pemeriksaan urine kepada anggotanya itu. Sebab, hasil tes dapat langsung diketahui secara terbuka, termasuk anggota lainnya.

”Hasil tes diumumkan secara terbuka. Anggota lainnya juga bisa mengetahui. Dan kami bersyukur, sampai saat ini di Polres Magelang Kota semuanya negatif,” ujarnya.(dem/jko/ong/jpnn)


MAGELANG – Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah tanpa pemberitahuan melakukan tes urine terhadap para anggota Polres Magelang Kota, Sabtu


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News