Tiga Partai Besar ini Bakal Diuntungkan

Tiga Partai Besar ini Bakal Diuntungkan
Penghitungan suara di pilkada. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Konflik internal di Partai Golkar dan PPP bakal berimbas pada peta kekuatan partai politik di pilkada serentak 2015.  Polemik dualisme kepengurusan menjadi kerugian besar bagi kedua partai itu.

Pengamat politik Gun Gun Heryanto menuturkan, ada tiga parpol besar yang bakal diuntungkan oleh kondisi di Golkar dan PPP.

"Di antaranya PDIP, Nasdem, dan Gerindra. Sebab, ketiga parpol itu merupakan saingan Partai Golkar dan memiliki tokoh simbol perekat," ujarnya di Jakarta, Minggu (19/4).

Menurutnya, ketiga parpol tersebut bisa jadi akan mengambil keuntungan dengan merebut kepercayaan publik.

Selain itu, lanjut Gun Gun, partai-partai lain akan memanfaatkan kisruh di tubuh Golkar dan PPP untuk mendapatkan investor. "Misalnya, ada investor yang ingin investasi di partai, sangat tidak mungkin bila investor itu menanam investasi di parpol yang sedang bermasalah," tutur Gun Gun.

Sang investor tentu akan memilih parpol yang membawanya dalam kemenangan. "Sebab, pilkada itu cenderung bertarung figur," ucap direktur eksekutif The Political Literacy Institute itu.

Meski begitu, menurutnya, tidak menutup kemungkinan Golkar akan tetap memperoleh suara yang maksimal.

"Sebab, Partai Golkar memiliki kemenangan sejarah di banyak pilkada dan menjadi posisi kedua saat pilpres 2014 merupakan modal politik yang baik untuk parpolnya," jelas dosen komunikasi UIN Syarief Hidayatullah itu.

JAKARTA – Konflik internal di Partai Golkar dan PPP bakal berimbas pada peta kekuatan partai politik di pilkada serentak 2015.  Polemik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News