Ini Spesifikasi dan Kisaran Harga Pertalite

Ini Spesifikasi dan Kisaran Harga Pertalite
Ilustrasi

jpnn.com - PENGGEMAR bahan bakar minyak jenis premium harus siap-siap gigit jari. Mulai bulan depan, BBM yang selama ini identik sebagai pilihan termurah itu bakal langka. 

Premium diharamkan untuk mobil pribadi. Premium hanya boleh digunakan untuk angkutan umum. Sebagai gantinya, Pertamina mengeluarkan pertalite.

Nah, kualitas pertalite diklaim lebih oke dibanding premium. Pertalite akan berkadar oktan RON 90. Di atas premium yang berkadar oktan RON 88, namun masih di bawah pertamax yang beroktan 92. 

Hhmmm lalu berapa harga BBM pengganti tersebut? "Akan di medium range antara pertamax ke premium sehingga perbedaan tidak terlalu jauh antara Rp 8000-8300," ujar Vice President Fuel Marketing Pertamina Muhammad Iskandar di Jakarta, Minggu (19/4).

Kehadiran pertalite pengganti premium ini juga disebut sebagai upaya menekan impor minyak yang selama ini cukup tinggi. Hanya 30 persen produksi premium yang dihasilkan dari kilang dalam negeri. Sisanya, 70 persen berasal dari impor. (ags/indopos/jpnn)


PENGGEMAR bahan bakar minyak jenis premium harus siap-siap gigit jari. Mulai bulan depan, BBM yang selama ini identik sebagai pilihan termurah itu


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News