Dua Nama Ini Berpeluang Digaet Zumi Zola

Dua Nama Ini Berpeluang Digaet Zumi Zola
Dua Nama Ini Berpeluang Digaet Zumi Zola

jpnn.com - JAMBI - Dua kandidat kuat calon gubernur saat ini masih belum menetapkan pasangan yang akan digandengnya.

Pengamat politik, Edi Endrizal, mengatakan, saat ini dua kandidat kuat, yakni yakni Hasan Basri Agus (HBA) dan Zumi Zola masing-masing punya peluang menggaet satu dari dua bakal calon gubernur.

HBA diprediksi bakal menggandeng Nino Guritno atau Edi Purwanto. Sedang Zumi Zola diprediksi menggandeng Fachrori Umar atau Yopi Muthalib.

Peluang itu berdasar perhitungan basis massa kandidat cawagub, baik segi wilayah atau perwakilan suku. "Setiap pilkada selalu ada pertimbangan basis dan itu tak terlepas dari wilayah dan suku," ujar Edi.

Menurutnya, jika HBA berpasangan dengan Nino Guritno akan mampu mendongkrak suara. Pasalnya, Nino Guritno adalah Ketua Wisnu Murti yang merupakan perkumpulan warga  Jawa di Jambi. "Kita tahu di Jambi, jumlah Suku Jawa sangat signifikan," kata Edi.

Selanjutnya, Edi Purwanto jika berpasangan dengan HBA, kelebihannya adalah Edi ketua PDIP, bisa mengarahkan arus bawah untuk mendukungnya. Selain itu Edi adalah Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi. Basis massa Edi berada di Muarojambi dan Batanghari. Edi juga orang Jawa.

Sementara itu untuk pasangan Zumi Zola, Fachrori Umar disebut-sebut adalah orang yang berpengaruh di wilayah Barat yakni Bungo. "Buktinya, Fachrori mampu mengantarkan  anak dan istrinya menjadi wakil rakyat di DPRD," katanya.

Selain itu Zola juga disebut-sebut juga sedang dekat dengan Yopi Muthalib. Sosok Yopi mampu mendongkrak suara Zola karena Yopi mantan anggota DPRD Provinsi dari wilayah barat.  "Sepertinya Zola akan mengambil dari wilayah barat," katanya.(nid/nas/sam/jpnn)

JAMBI - Dua kandidat kuat calon gubernur saat ini masih belum menetapkan pasangan yang akan digandengnya. Pengamat politik, Edi Endrizal, mengatakan,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News