Dua Wasit asal Bengkulu Lolos Pimpin Divisi Utama

Dua Wasit asal Bengkulu Lolos Pimpin Divisi Utama
Dua Wasit asal Bengkulu Lolos Pimpin Divisi Utama

jpnn.com - DUA wasit asal Bengkulu masuk dalam daftar yang akan memimpin pertandingan sepakbola di Divisi Utama (DU) musim ini. Mereka adalah M.Khisfan (36) dan Soni Pratama. Khisfan lolos dalam tes wasit liga DU yang dilaksanakan setiap tahun. Sementara Soni lolos menjadi asisten wasit atau hakim garis di liga yang sama. 

Dengan adanya wasit asal Bengkulu ini, tentunya sedikit banyak akan membawa nama Provinsi Bengkulu. Untuk menjadi wasit liga DU ini tidak mudah, mengingat ada seleksi dan tes yang cukup ketat yang harus dilalui. 

Diantaranya tes tertulis dan tes fisik salah satunya berlari dengan jarak 150 meter selama 30 detik. Lalu berjalan selama 40 detik dan dilanjutkan lagi dengan lari selama 30 detik. Sementara itu nama Khisfan di dunia perwasitan sepakbola bukanlah terbilang baru. PNS Disnaker Pemda Kota Bengkulu ini sudah menjadi wasit dari tahun 2006.

"Mulai lolos wasit C-1 Nasional tahun 2006. Lalu mulai memimpin pertandingan dari Divisi III sampai Divisi I," ujarnya. Tahun 2014 lalu, Khisfan mulai naik kasta dengan memimpin laga sepakbola di Divisi Utama. Bahkan sempat menjadi wasit pertandingan ISL U-21. Ia pun berharap tahun 2016 bisa lolos menjadi salah satu wasit yang akan memimpin pertandingan di Liga QNB League yang merupakan kasta sepakbola tertinggi di Indonesia. 

Dikatakan Khisfan untuk menjadi wasit Divisi Utama tidak mudah, apalagi sampai menjadi wasit di GNB League. Tes untuk menjadi wasit di DU dilakukan setiap tahun. "Walaupun tahun ini lulus, tidak menjamin tahun depan bisa lolos lagi. Karena tesnya setiap tahun," terangnya.(fiz/jpnn)


DUA wasit asal Bengkulu masuk dalam daftar yang akan memimpin pertandingan sepakbola di Divisi Utama (DU) musim ini. Mereka adalah M.Khisfan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News