Jelang Kongres, Badai Somasi Hantam SBY dan DPP Demokrat

Jelang Kongres, Badai Somasi Hantam SBY dan DPP Demokrat
Susilo Bambang Yudhoyono. Foto: ist

jpnn.com - JAKARTA - Prediksi banyak pihak bahwa kongres Partai Demokrat, Mei nanti bakal berjalan aman tenteram sepertinya harus dikaji ulang. Rentetan somasi dan riak jelang kongres sudah mewarnai internal partai pemenang Pemilu 2009 itu. 

Setelah tiga Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat melayangkan somasi, kini giliran empat DPC di Jawa Tengah, yakni Salatiga, Purbalingga, Semarang dan Batang.

"DPC Salatiga, Purbalingga, Semarang, dan Batang mengajukan somasi kepada pak SBY (Soesilo Bambang Yudhoyono) untuk meminta hak politik klien kami karena telah terjadi cacat prosedur hukum terkait plt (pelaksana tugas) ketua DPC," kata Bambang Widjoyo, kuasa hukum empat DPC tersebut di Jakarta, Selasa (21/4).

Alasan pengajuan somasi oleh empat DPC di Jateng ini sama dengan DPC dari Jatim, karena mereka dipecat tanpa alasan yang jelas dan posisinya sebagai ketua DPC digantikan seorang plt yang ditunjuk oleh DPP Partai Demokrat.

"Klien kami tidak dapat SK (Surat Keputusan). Tapi DPP sudah tunjuk plt, ini menyalahi aturan. Karena ini menjelang kongres, klien kami masih mempunyai hak suara sebagai ketua DPC," ujar Bambang.

Dia berpendapat bila para ketua DPC yang dijabat plt itu ikut konges Demokrat di Surabaya, Mei mendatang, maka mereka tidak sah sebagai peserta kongres. (fat/jpnn)


JAKARTA - Prediksi banyak pihak bahwa kongres Partai Demokrat, Mei nanti bakal berjalan aman tenteram sepertinya harus dikaji ulang. Rentetan somasi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News