Vertigo: Sekadar Ilusi atau Pertanda Lain?

Vertigo: Sekadar Ilusi atau Pertanda Lain?
Vertigo: Sekadar Ilusi atau Pertanda Lain? Foto: Jawa Pos/JPNN.com

jpnn.com - PERNAHKAH Anda merasakan seolah dunia jungkir balik dan Anda terjebak di dalamnya? Saat membuka mata, segala di sekeliling terasa berputar. Atau sebaliknya, saat menutup mata, justru Anda yang merasakan tubuh berputar? Jika ya, mungkin Anda sedang mengalami yang dinamakan vertigo.

Vertigo merupakan sensasi berputar yang membuat Anda berilusi bergerak mengitari ruangan atau ruangan yang mengitari Anda. Sebagian besar orang terkadang masih awam untuk membedakan gejala pening yang dirasakan.

Apakah yang dirasakan adalah pusing, vertigo, atau memang sakit kepala. Penting bagi Anda terlebih dahulu mendiagnosis diri sendiri dan menerjemahkan sensasi yang dirasakan di kepala. Sebab, penanggulangannya tentu berbeda.

Selama ini, vertigo sering salah diterjemahkan sebagai suatu penyakit. Sama halnya dengan flu atau demam, justru vertigo merupakan gejala dari sesuatu yang harus ditilik sumbernya.

Dokter Hery Soebadiono SpS, spesialis saraf RSK St Vincentius A. Paulo (RKZ) Surabaya, menyatakan, kemunculan vertigo berhubungan dengan tiga komponen dasar yang bermasalah.

Yakni, mata, telinga bagian dalam, atau sistem proprioseptif yang berhubungan dengan gerak sendi manusia. Tiap-tiap komponen tersebut terhubung ke bagian otak dan dapat mengakibatkan vertigo.

Secara umum, vertigo dapat dibagi menjadi jenis perifer dan sentral. Vertigo perifer merupakan vertigo yang banyak bermain di bagian pinggir kepala dan 75 persen disebabkan gangguan keseimbangan. Sensasi berputar yang dirasakan kerap disertai rasa mual seperti mabuk kendaraan. Pada skala yang lebih tinggi, penderita bahkan tidak sanggup berdiri.

”Vertigo terjadi karena ada informasi salah yang diterima oleh pancaindra,” ujar dr Hery dilansir Jawa Pos (induk JPNN.com).

PERNAHKAH Anda merasakan seolah dunia jungkir balik dan Anda terjebak di dalamnya? Saat membuka mata, segala di sekeliling terasa berputar. Atau

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News