Rambut Rontok, Bumil Jangan Panik

Rambut Rontok, Bumil Jangan Panik
Rambut Rontok, Bumil Jangan Panik. Foto: foxnews

jpnn.com - RAMBUT rontok saat hamil membuat ibu panik dan bahkan stres ringan karena rambut rontoknya tidak kunjung selesai. Namun Anda jangan khawatir karena ini hanya bersifat sementara saja kok.

"Sekitar 40 persen dari wanita hamil mengeluh rambut mereka rontok selama 2 sampai 3 bulan kehamilan. Inilah kabar baiknya, hal Ini biasanya bersifat sementara dan rambut Anda akan tumbuh kembali," kata Senior Managing Editor for Health News, Dr. Manny Alvarez, seperti dilansir laman Fox News, Selasa (21/4).

Sementara beberapa wanita hamil mungkin benar-benar melihat peningkatan ketebalan dan kilauan rambut mereka karena peningkatan estrogen dan sebagai efek samping dari vitamin prenatal, ada banyak alasan lain mengapa yang lain justru mengalami hal sebaliknya.

Pertama, perubahan hormonal menyebabkan pergeseran kadar produksi estrogen dan progesteron selama kehamilan. Lonjakan progesteron bisa memiliki efek pengeringan pada rambut Anda dan menyebabkan rambut Anda menjadi rapuh. Jadi penting bagi Anda untuk menjaga rambut Anda tetap lembab selama kehamilan Anda.

Fungsi kelenjar tiroid Anda juga bisa berubah setelah kehamilan dan rendahnya tingkat hormon tiroid bisa menyebabkan rambut rontok. Minta dokter Anda untuk memeriksa kadar hormon tiroid Anda karena masalah ini bisa dengan mudah diatasi dengan obat-obatan tertentu.

Kekurangan mineral juga bisa menyebabkan masalah pada rambut Anda. Anemia fisiologis yang terjadi selama kehamilan bisa mengakibatkan banyak wanita menderita kekurangan zat besi yang berpotensi menyebabkan rambut rontok. Jadi, pastikan Anda mengonsumsi suplemen zat besi.

Kekurangan vitamin juga bisa menyebabkan rambut Anda rontok. Untuk mengatasi hal ini Anda bisa makan diet seimbang yang kaya minyak alami, karbohidrat kompleks dan protein. Nutrisi ini penting untuk menjaga pertumbuhan sel dan folikel rambut.(fny/jpnn)


RAMBUT rontok saat hamil membuat ibu panik dan bahkan stres ringan karena rambut rontoknya tidak kunjung selesai. Namun Anda jangan khawatir karena


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News