Nikmatnya Nasi Grombyang Khas Jepara

Nikmatnya Nasi Grombyang Khas Jepara
KHAS JEPARA: Sejumlah tamu sedang mengambil menu makanan yang menyajikan Jepara Lunch Buffet. Foto Abdullah Munir/Radar Surabaya/JPNN.com

jpnn.com - SURABAYA – Banyak cara untuk memberikan nuansa berbeda pada peringatan Hari Kartini. Seperti di salah satu hotel di Pandegiling ini, mengenalkan menu khas asal Jepara, kota asal Ibu Kartini, yakni Nasi Grombyang.

Nasi Grombyang ini merupakan kombinasi dari bumbu rawon dan opor. Untuk proses membuatnya melibatkan kluwek yang merupakan bumbu wajib masakan khas Jepara.

Setelah itu di campur dengan iga sapi dengan cita rasa gurih yang bakal menggoda lidah. Selain Nasi Grombyang, menu khas lain yang dikenalkan adalah Gudeg ala Jepara.

“Gudeg Jepara ini berbeda dengan Gudeg Jogja. Gudeg Jepara ini mempunyai tekstur yang lebih kering dibandingkan dengan Gudeg Jogja yang mempunyai tekstur basah dengan isian cecek,krecek, gudeg tewel, tempe tahu bacem, dan telur,” ujar Ervin Triana Suryanti.

Ervin menambahkan, untuk Hari Kartini pihaknya juga menyiapkan menu khas Jepara lain. Mulai dari sup udang, Selat Solo, dan lain-lain. Untuk melengkapi menu tersebut, bisa dipadukan dengan aneka minuman khas Jepara antara lain Sosis Solo Sutet, Wedang Horok-Horok, Es Gempol, Dawet Jepara, dan Wedang Blung.

Tak ketinggalan jajanan pasar khas Jepara seperti Klepon Alang-alang, Gethuk Pero, dan lain-lain. (dan/nin/awa/jpnn)


SURABAYA – Banyak cara untuk memberikan nuansa berbeda pada peringatan Hari Kartini. Seperti di salah satu hotel di Pandegiling ini, mengenalkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News