225 Bidan Perebutkan 30 Kursi PTT

225 Bidan Perebutkan 30 Kursi PTT
225 Bidan Perebutkan 30 Kursi PTT

jpnn.com - UNAAHA - Formasi Bidan Tidak Tetap (PTT) yang dibuka di sejumlah daerah di Sulawesi Tenggara tampaknya menjadi primadona. Tak hanya di Kolaka dan Butur, rekrutmen di Konawe juga dibanjiri peminat.

Ada 225 calon bidan mengikuti ujian tertulis yang dihelat Pansel dari Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe pada Rabu (22/4). Mereka bersaing untuk memperebutkan kuota 30 kursi yang disiapkan tahun ini.

Ketua Panitia Tes Penerimaan Bidan PTT, drg Mawar Taligana mengatakan, para peserta diuji menjawab soal-soal tentang kesehatan. Dari 30 formasi yang tersedia terbagi dua kategori, yaitu formasi PTT daerah terpencil 18 orang dan formasi daerah sangat terpencil 12 orang.

"Kuota yang kami ajukan untuk mengisi formasi bidan PTT sebanyak 85 orang, namun diakomodir dari Kementerian Kesehatan hanya 30 orang saja. Sejak dibuka penerimaan, jumlah peserta sebanyak 266 orang namun yang lolos verifikasi hanya 225 orang," jelasnya

Indikator kelulusan kata dia, dilihat dari standar nilai tertinggi. Bidan yang dinyatakan lulus akan langsung ditugaskan sesuai daerah penempatannya. Akan prioritaskan daerah-daerah terpencil, apalagi mereka yang lolos nantinya memang sudah ada nota tugas dari Kepala Dinas Kesehatan dan keterangan aktif melaksanakan tugas di Puskesmas tempat mereka mengabdi.

"Kecamatan Unaaha dan Kecamatan Anggaberi tidak mendapatkan bidan PTT karena dua kecamatan tersebut tergolong dalam kota. Dan ini salah satu persyaratan dalam mengikuti tes bidan PTT ini," tuturnya.(def/jpnn)

 


UNAAHA - Formasi Bidan Tidak Tetap (PTT) yang dibuka di sejumlah daerah di Sulawesi Tenggara tampaknya menjadi primadona. Tak hanya di Kolaka dan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News