Siapkan Fasilitas Bebas Visa Ke Romania

Siapkan Fasilitas Bebas Visa Ke Romania
Siapkan Fasilitas Bebas Visa Ke Romania

jpnn.com - BUCHAREST - Prosedur untuk berkunjung ke Romania tak lama lagi bakal semakin mudah. Ini setelah Indonesia dan Romania sepakat menjalin kerjasama pembebasan visa kunjungan.

Kebijakan itu dibahas parlemen Romania dalam kunjungan muhibah anggota DPR RI di Bucharest.  Anggota Komisi I DPR M. Syafrudin mengatakan, pemerintah Romania sangat berkeinginan dengan adanya bebas visa.

Hal itu langsung disampaikan anggota komisi internasional parlemen Romania, Borbely Laszlo ketika mengadakan pertemuan dengan anggota DPR RI. “Sebenarnya kerjasama bebas visa itu kini sedang digodok kedua negara, namun sebatas pemegang paspor diplomatik dan kerja,” kata politikus  PAN itu.

Nah, Borbely berharap pada delegasi DPR RI agar kerjasama ditingkatkan untuk pembebasan visa bagi kunjungan umum.

Menanggapi permintaan itu, Syafrudin berjanji menindaklanjutinya dengan menyampaikan pada rapat dengar pendapat (RDP) dengan Kementerian Luar Negeri. Sebagaimana diketahui, Komisi I memang mitra kerja Kemenlu.

Duta Besar RI untuk Romania, Diar Nurbiantoro mengatakan, draf kerjasama bebas visa diplomatik dan kerja saat ini tengah dibahas kedua negara. “Sangat memungkinkan kerjasama ditingkatkan dengan memasukan bebas visa untuk kunjungan umum,” ujarnya.

Kendala kerjasama itu mungkin hanya pada prosedur lamanya kunjungan. Sebab, Indonesia memiliki perpres yang mengatur kunjungan untuk bebas visa maksimal hanya 30 hari.

Diar menyebut jika kebijakan bebas visa bisa diterapkan, keuntungan pasti didapat kedua negara. Apalagi selama ini angka kunjungan dari Romania ke Indonesia juga lumayan.

BUCHAREST - Prosedur untuk berkunjung ke Romania tak lama lagi bakal semakin mudah. Ini setelah Indonesia dan Romania sepakat menjalin kerjasama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News