Ini Alasan Hanung Pilih Dian Sastro sebagai Pemeran Kartini

Ini Alasan Hanung Pilih Dian Sastro sebagai Pemeran Kartini
Dian Sastrowardoyo. Foto: dok.Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA – Setelah berhasil mengangkat cerita KH Ahmad Dahlan dan Soekarno dalam layar lebar, Hanung Bramantyo, 39, kembali memproduksi film tentang tokoh nasional. Kini giliran RA Kartini akan dijadikan film oleh suami Zaskia Adya Mecca tersebut.

Sebelumnya, film tentang sosok Kartini dibuat pada 1982 dengan judul R. A. Kartini. Sutradaranya saat itu adalah Sjumandjaja. Dalam jumpa pers di XXI Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Rabu (22/4), Hanung mengungkapkan alasannya menggarap film tersebut.

’’Kartini adalah salah satu pahlawan terbesar bangsa ini. Idenya masih relevan sampai sekarang,’’ ujarnya.

Bapak tiga anak itu juga menuturkan alasan lainnya. Yakni, keprihatinannya terhadap masyarakat Indonesia yang kurang mengenal baik pahlawannya. Proses syuting film tersebut rencananya dilakukan pada Desember mendatang. Aktris yang akan memerankan Kartini adalah Dian Sastrowardoyo.

Hanung memilih Dian karena dalam kehidupan nyata, dia banyak menginspirasi masyarakat, khususnya kaum perempuan.

’’Dian Sastro menjadi inspirasi anak-anak muda. Saya ingin membuat Kartini menjadi seorang yang dekat dengan kita. Bayangan saya Kartini itu seperti Nirina Zubir di film Get Married,’’ ungkapnya.

Proses pemilihan Dian sebagai pemeran utama, kata dia, merupakan pekerjaan yang lumayan berat. Sebab, Kartini asli merupakan perempuan remaja yang meninggal pada usia muda.

Sementara itu, Dian sudah berusia kepala tiga. Secara psikologi, menurut dia, sulit menjadikan Dian bertingkah layaknya perempuan remaja. ’’Dia harus kembali menjadi Cinta dalam film Ada Apa Dengan Cinta?,’’ jelasnya.

JAKARTA – Setelah berhasil mengangkat cerita KH Ahmad Dahlan dan Soekarno dalam layar lebar, Hanung Bramantyo, 39, kembali memproduksi film

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News