Jangan Biarkan Kebebasan Terbelenggu

Jangan Biarkan Kebebasan Terbelenggu
Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Foto JPNN.com

jpnn.com - MENTERI Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti ikut memeriahkan peringatan hari Kartini, Selasa (21/4). Bos maskapai Susi Air ini terlihat tampil anggun dengan balutan kebaya modern berwarna putih serta bersanggul meski penampilan ini sangat kontras dengan kesehariannya.

Lalu seperti apa peringatan hari Kartini ala Susi? Seperti apa sosok RA Kartini di matanya? Berikut petikan wawancara wartawan jpnn.com, Yessy Artada dengan Menteri Susi Pudjiastuti di kantornya, Jalan Merdeka Timur, Jakarta.

Sosok RA Kartini di mata seorang Susi Pudjiastuti seperti apa?

RA Kartini adalah wanita yang sangat luar biasa. Dalam kungkungan, dalam keterbatasan. Dalam kehidupan yang jauh dari kebebasan, RA Kartini bicara, "ikhtiar, berjuanglah membebaskan dirimu. Jika engkau sudah bebas karena ikhtiarmu itu, barulah dapat engkau tolong orang lain". Sebuah arti tentang kebebasan yang sangat mendalam, yang dikatakan oleh seorang wanita yang terkungkung di balik ketertutupan budaya, ketertutupan budaya karena dia seorang wanita.

Kebebasan perempuan itu maksudnya?

Dalam kumpulan surat-surat 'Habis Gelap Terbitlah Terang', banyak kata dan kalimat yang beliau (RA Kartini-red) ucapkan, dengan sangat dalam, arti-arti perkataan kemandirian, kebersamaan, kesetaraan tentang wanita dan pria. Tentang bahwa wanita punya opportunity sama. Di situ saya quote pembicaraan tentang kebebasan. Karena kita tuh bebas tidak harus fisik saja.

Kebebasan mind berfikir kebebasan memikirkan, kebebasan untuk berkreasi dan berimajinasi, dan menelurkan ide itu adalah kebebasan yang tidak ada batasnya, tidak ada kurungan, tidak ada ruang yang membatasi. Kebebasan pemikiran adalah kebebasan hakiki yang setiap orang bisa punya. Hanya kemauan kita yang bisa mengadakan itu.

Contohnya?

MENTERI Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti ikut memeriahkan peringatan hari Kartini, Selasa (21/4). Bos maskapai Susi Air ini terlihat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News