Curigai Pembubaran Petral Demi Muluskan Premium Diganti Pertalite

Curigai Pembubaran Petral Demi Muluskan Premium Diganti Pertalite
Curigai Pembubaran Petral Demi Muluskan Premium Diganti Pertalite

jpnn.com - JAKARTA - Rencana pembubaran PT Pertamina Energy Trading Limited (Petral) menjadi sorotan para pengamat energi. Sebelum dibubarkan, Direktur Eksekutif Energy Watch Indonesia (EWI) Ferdinand Hutahaean menanyakan apa motif di balik pelenyapan Petral.

Dia justru menduga pembubaran anak usaha PT Pertamina ini untuk memuluskan rencana perseroan menghapus premium dan menggantinya dengan bahan bakar minyak (BBM) jenis baru, pertalite.

"Terkait Petral, ini harus jelas dulu motivasi pemerintah untuk apa menutup Petral saat ini. Karena kita melihat ada upaya Pertamina untuk memuluskan rencana penghapusan RON 88 dan menggantinya dengan RON 99 atau Pertalite," ungkap Ferdinand kepada JPNN.com, Sabtu (25/4).

Dugaan tersebut didasarkan Ferdinand karena selama ini pasokan premium dipegang oleh Petral. Karena itu, dia menduga pembubaran Petral ini tak lain sebagai upaya meniadakan premium.

"Kenapa kita melihat seperti itu, karena bisnis RON 88 ini masih dikuasai oleh Petral. Nah jangan sampai pembubaran Petral nantinya dijadikan alasan oleh Pertamina kesulitan untuk mengadakan premium RON 88 yang akhirnya menggantinya dengan pertalite," ulasnya. (chi/jpnn)

JAKARTA - Rencana pembubaran PT Pertamina Energy Trading Limited (Petral) menjadi sorotan para pengamat energi. Sebelum dibubarkan, Direktur Eksekutif


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News