Transmigrasi Solusi Konkret Pemutus Sumber Penyebab Kemiskinan

Transmigrasi Solusi Konkret Pemutus Sumber Penyebab Kemiskinan
Menteri DPDTT, Marwan Jafar. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT), Marwan Jafar mengemukakan, upaya penanggulangan kemiskinan telah dilakukan dengan berbagai macam cara. Namun penurunan jumlah penduduk miskin masih belum mencapai angka yang diharapkan.

"Kemiskinan adalah problem bangsa yang harus secepatnya kita entaskan karena menjadi hambatan dalam upaya menyejahterakan rakyat, meskipun tidak mudah. Tapi saya optimistis transmigrasi bisa menjadi solusi konkretnya," ujar Marwan, Sabtu (25/4).

Marwan berkeyakinan, program transmigrasi bisa memberi sumbangsih nyata dalam upaya menurunkan angka kemiskinan yang ditargetkan pemerintah.

"Karena melalui program transmigrasi bisa diputus sumber penyebab terjadinya kemiskinan,” ujar Marwan.

Menurut menteri yang berasal dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini, kemiskinan secara sederhana bisa dipahami sebagai kondisi keluarga berpenghasilan  rendah dan tidak mampu memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasarnya untuk berkembang menjadi lebih baik dan melepaskan diri dari kemiskinan.

“Solusinya, membuka selebar-lebarnya akses keluarga miskin terhadap pekerjaan atau usaha mandiri dengan penghasilan yang layak. Hal ini bisa dipenuhi melalui program transmigrasi, karena nantinya setiap keluarga transmigran akan mendapatkan jatah lahan untuk digarap," ujarnya.

Selain itu, warga juga akan memeroleh rumah tinggal sederhana, sarana dan peralatan secukupnya, penyuluhan dan biaya hidup. Jadi transmigran yang sebelumnya miskin, kata Marwan, mempunyai sumber penghasilan yang layak dan kehidupan yang lebih bermartabat.

"Pemerintah juga akan membangun infrastruktur di kawasan permukiman transmigrasi, tempat ibadah, sekolah, sarana medis dan sarana prasarana pendukung lain," katanya.

JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT), Marwan Jafar mengemukakan, upaya penanggulangan kemiskinan telah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News