Kader Internal Bisa Kacaukan Kongres Demokrat

Kader Internal Bisa Kacaukan Kongres Demokrat
Kader Internal Bisa Kacaukan Kongres Demokrat

jpnn.com - JAKARTA- Partai Demokrat selama ini khawatir kongres pemilihan ketua umum bakal dikacaukan pihak luar. Namun, hal itu dianggap mengada-ada. Setidaknya, itulah penilaian pengamat politik Ray Rangkuti.

Menurut Ray, potensi pihak luar mengacaukan kongres partai Demokrat sangat kecil. Potensi itu, sambung Ray, justru berasal internal partai yang memiliki lambang bintang mercy tersebut.

"Sebenarnya bibit perpecahan ada dari dalam Demokrat. Sejumlah tokoh di. Demokrat enggak konsisten jalankan AD/ART partai," ujar Direktur Eksekutif Lingkar Madani untuk Indonesia tersebut pada JPNN, Minggu (26/4).

Menurut Ray, kader lain bisa mempertanyaan keabsahan kongres akibat adanya kader yang tidak menjalankan AD/ART. Hal itu diperparah dengan perpecahan internal setelah mantan ketum Anas Urbaningrum terjerat kasus korupsi KPK. Kubu Anas saat ini gencar melakukan perlawanan terhadap Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang mengambilalih kursi ketua umum. Meski diminta waspada pada pergolakan di internal,  Ray optimistis kongres itu tetap berjalan lancar.

Pasalnya, saat ini nama SBY masih unggul sebagai calon ketua umum. Ray yakin, dalam kongres nanti tidak ada persaingan kuat antara SBY dan tokoh lainnya. "Rasanya enggak ada juga tokoh yang memiliki wibawa seperti SBY. Jadi kongres akan berjalan dengan mulus. Dukungan daerah-daerah juga masih ke SBY dibanding Marzuki Alie atau I Gede Pasek," tandas Ray. (flo/jpnn)


JAKARTA- Partai Demokrat selama ini khawatir kongres pemilihan ketua umum bakal dikacaukan pihak luar. Namun, hal itu dianggap mengada-ada. Setidaknya,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News