Kepala BNP2TKI Minta TKI Bisa Tangkal Bujukan ISIS

Kepala BNP2TKI Minta TKI Bisa Tangkal Bujukan ISIS
Kepala BNP2TKI Minta TKI Bisa Tangkal Bujukan ISIS

jpnn.com - JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Nusron Wahid mengingatkan para tenaga migran asal tanah air di mancanegara agar fokus bekerja. Menurutnya, jangan sampai TKI di luar negeri terbujuk iming-iming untuk direkrut menjadi pengikut kelompok radikal seperti ISIS.

Nusron menyampaikan peringatannya itu saat melepas 255 calon TKI yang akan diberangkatkan ke Korea Selatan di gedung Korea-Indonesia Technical and Cultural Cooperation Center (KITCC) BP3TKI, Ciracas, Jakarta Timur, Senin (27/4). Nusron menuturkan, berangkat ke luar negeri untuk menjadi TKI ibarat proses hijrah.

“Niat berangkat sebagian besar TKI ke luar negeri adalah memperbaiki nasib dan kehidupan keluarga. Jadi jangan neko-neko selama berada di luar negeri,” katanya.

Pria yang juga ketua umum Gerakan Pemuda (GP) Ansor itu menambahkan, TKI yang berada di luar negeri juga harus tetap berpegang tuguh pada semangat nasionalisme. Sebab, banyak WNI di luar negeri yang jadi sasaran untuk direkrut menjadi pengikut ISIS.

"Orang Indonesia di luar negeri banyak yang menjadi sasaran perekrutan ISIS. Jadilah TKI yang berpegang teguh pada Pancasila," ujarnya.

Mantan anggota komisi keuangan DPR RI itu menambahkan, TKI di luar negeri juga tak lepas dari godaan konsumerisme. Karenanya Nusron berharap para TKI bisa berhemat dan menabung agar bisa membuka usaha saat kembali ke tanah air. "Jangan sampai kalau setelah kembali ke Indonesia malah mendaftar jd TKI lagi," pintanya.(ara/jpnn)


JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Nusron Wahid mengingatkan para tenaga migran asal tanah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News