Melihat Bangunan-Bangunan 'Angker' di Rumania (1)

Drakula Masih Bergentayangan di Kastil Bran

Melihat Bangunan-Bangunan 'Angker' di Rumania (1)
Melihat Bangunan-Bangunan 'Angker' di Rumania (1)

jpnn.com - Drakula ternyata punya rumah di Rumania. Yakni, di Bran Castle atau Kastil Bran di Perbukitan Brasov, 2,5 jam perjalanan darat dari Bucharest, ibu kota bekas negeri komunis itu. Berikut cerita wartawan Jawa Pos GUNAWAN SUTANTO yang pekan lalu mengunjungi ”rumah” drakula tersebut.

Laporan Gunawan Sutanto, Brasov

BANGUNAN setinggi 60 meter di atas perbukitan itu dari jauh sudah menampakkan keangkeran. Sentuhan arsitektur gotik pada bangunan di sekitar hutan yang masih asri itu membuat pengunjung seolah hidup pada abad ke-15 di Eropa Timur.

Salju yang turun siang itu (24/4) makin menambah mistis Kastil Bran. Bangunan tersebut selama ini identik dengan cerita horor makhluk pengisap darah, drakula, gubahan novelis Bram Stoker.

Dalam novelnya, Bram menggambarkan sosok drakula berasal dari istana yang berdiri di atas bukit Transylvania dengan sungai mengalir di bawahnya. Di antara sejumlah kastil di Rumania, Bran Castle dinilai paling pas dengan imajinasi Bram soal setting cerita tentang sosok bergigi tajam itu.

Untuk menuju bangunan utama, pengunjung harus menapaki puluhan anak tangga terlebih dahulu. Begitu sampai, pengunjung ”disambut” prasasti berbentuk salib yang biasa dicitrakan untuk membunuh vampir.

Ketika saya sedang membayangkan tokoh menakutkan itu seperti apa, tiba-tiba seorang perempuan berbicara dari belakang. ’’Tenang, di sini sudah tidak ada drakula. Tapi, Anda nanti saya antar ke ruangan drakula,’’ kata perempuan bernama Cojanu Alexandra, pemandu wisata kami.

Kedatangan saya ke Bran Castle bersama rombongan anggota DPR yang dipimpin Wakil Ketua Taufik Kurniawan merupakan bagian dari kunjungan muhibah ke Rumania. Salah satu agenda kerja delegasi itu adalah menjalin kerja sama di bidang pariwisata.

Drakula ternyata punya rumah di Rumania. Yakni, di Bran Castle atau Kastil Bran di Perbukitan Brasov, 2,5 jam perjalanan darat dari Bucharest, ibu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News