Banyak Terobosan, Kabupaten ini Dapat Pangripta Nusantara

Banyak Terobosan, Kabupaten ini Dapat Pangripta Nusantara
Banyak Terobosan, Kabupaten ini Dapat Pangripta Nusantara

jpnn.com - BANYUWANGI -  Kabupaten Banyuwangi kembali meraih Anugerah Pangripta Nusantara dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Anugerah tersebut diberikan kepada kabupaten/kota yang memiliki perencanaan pembangunan terbaik dan dinilai sukses meningkatkan kualitas pembangunan daerah.

Tahun ini ada 6 kabupaten/kota yang meraih penghargaan. Nah, Banyuwangi menjadi salah satu yang terbaik dari enam kabupaten/kota yang meraih penghargaan tersebut.

Penghargaan diberikan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago kepada Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di Jakarta, Rabu (29/4).

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, beberapa aspek yang juga dinilai antara lain keterkaitan program prioritas kabupaten/kota dengan pemerintah provinsi dan pusat. Selain itu dinilai juga konsistensi antara rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) dan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) dan kedalaman serta kelengkapan data dan analisis dalam penyusunan program-program prioritas.

“Selain itu, juga dinilai bagaimana proses perencanaan pembangunan melalui musyawarah rencana dari tingkat desa sampai kabupaten. Keterlibatan dan peran DPRD dalam penyusunan RKPD juga menjadi poin plus. Tidak ketinggalan inovasi di bidang perencanaan dan pembangunan,” urai Anas.

Sejumlah inovasi perencanaan tersebut, imbuh Anas, di antaranya seperti tersedianya pagu indikatif bagi 24 kecamatan sebesar Rp105 miliar. Dengan adanya pagu tersebut, maka ada kepastian pendanaan bagi pelaksanaan musyawarah perencanaan pembangunan kecamatan (musrenbangcam).

"Jadi usul dari tingkat desa ke kecamatan tidak terdistorsi. Ada jaminan bahwa usul di desa dan kecamatan tertampung karena ada pagu yang khusus untuk kecamatan. Meski mungkin memang belum bisa menjangkau semua usulan," ujar Anas.

BANYUWANGI -  Kabupaten Banyuwangi kembali meraih Anugerah Pangripta Nusantara dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News