Buruh Gelar May Day, Ini Imbasnya ke Busway

Buruh Gelar May Day, Ini Imbasnya ke Busway
Buruh Gelar May Day, Ini Imbasnya ke Busway

jpnn.com - JAKARTA - Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menyatakan akan menggelar aksi turun ke jalan pada saat perayaan Hari Buruh pada 1 Mei. Karena itu, layanan Transjakarta pada May Day akan mengikuti kondisi di jalan.

"Tahapan yang akan dilakukan yaitu perlambatan, pengalihan jalur, perpendekan rute hingga stop operasional mengikuti kondisi lajur layanan di masing-masing koridor," kata Direktur Utama PT Transportasi Jakarta, A.N.S Kosasih di Jakarta, Kamis (30/4).

‎Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, Kosasih mengatakan, ada beberapa koridor yang terkena dampak dari aksi longmarch para buruh yaitu, koridor I (Blok M-Kota), koridor II (Pu‎lo Gadung-Harmoni), Koridor IX (Pinang Ranti-Pluit), layanan BKTB (PIK-Monas), Rute Ragunan-Monas, dan Rute PGC-Grogol.

Kosasih ‎menambahkan, layanan koridor I akan mengalami perlambatan. Bila massa terus bertambah, maka dilakukan perpendekan layanan menjadi Kota-Harmoni. "Layanan dari Blok M-Monas ditutup sementara mengikuti perkembangan jalur jalan," ujarnya.

Kosasih menambahkan, ‎rute Ragunan-Monas menjadi Ragunan-Dukuh Atas. Namun, dia menjelaskan, ini dilakukan melihat situasi yang terjadi di lapangan.

Untuk layanan koridor II (Pulo Gadung-Harmoni), pelayanan Transjakarta dari Pulo Gadung-Harmoni layanan normal. ‎Sedangkan dari Harmoni menuju Pulo Gadung dilakukan pengalihan dengan rute dari Harmoni-Pecenongan-Juanda-Pasar Baru-Pejambon-Lapangan Banteng-Merdeka Timur-Patung Tani-masuk halte Kwitang dan seterusnya sampai Pulo Gadung. "Pengalihan bersifat situasional mengikuti kondisi lalu lintas," ujarnya.

Untuk layanan BKTB hanya melayani dari PIK hingga Harmoni. Sementara, untuk layanan koridor IX kemungkinan pengalihannya adalah dari Pinang Ranti menuju Pluit melalui Gerbang Tol Cawang dan keluar di Gerbang Tol Slipi.

Kemudian untuk halte yang tidak beroperasi adalah Cikoko Stasiun Cawang, halte Tebet BPKM, halte Pancoran Tugu, halte Pancoran Barat, halte Tegal Parang, halte Kuningan Barat, halte Gatot Subroto Jamsostek, halte Gatot Subroto LIPI, halte Semanggi, halte Senayan JCC, dan halte Slipi Petamburan.

JAKARTA - Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menyatakan akan menggelar aksi turun ke jalan pada saat perayaan Hari Buruh pada 1 Mei. Karena

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News