Semua Bus Boleh Masuk Jalur Busway Mulai 5 Juni

Semua Bus Boleh Masuk Jalur Busway Mulai 5 Juni
Foto ilustrasi. Dok.Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA – Tidak lama lagi kebijakan membolehkan angkutan umum melintas di jalur bus Transjakarta akan diterapkan.

 

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyebut sudah ada beberapa operator bus berminat bergabung dengan sistem baru yang akan diterapkan pemprov.

Dalam rencana pemprov, angkutan umum atau bus reguler bisa lewat di jalur busway. Syaratnya, bus tersebut harus bergabung dalam manajemen PT Transportasi Jakarta (Transjakarta). Bus dituntut tidak mengejar sistem setoran melainkan akan dibayar rupiah per kilometer oleh pemprov.

"Banyak kok yang mau gabung. Contohnya, bus Mayasari, Kopaja, Kopami. Metromini juga mau," kata Ahok di balai kota, Kamis siang (30/4).

Ahok optimistis rencana tersebut dapat diterapkan pada 5 Juni 2015 mendatang. Sebab, sudah ada beberapa operator bus yang menyatakan mau bergabung. "Tapi, masalahnya kepemilikan metromini ini, bingung punya siapa," katanya.

Penggabungan bus reguler di bawah manajemen bus Transjakarta sudah dikaji oleh Institute For Transportasion and Developmet Policy (ITPD‎). Realisasi rencana itu diharapkan bisa mengurangi kemacetan yang disebabkan bus menunggu penumpang sembarangan alias ngetem.

"Kalau kami teliti dengan baik, semua bus itu sebetulnya ngetem karena penumpang," ujar mantan bupati Belitung Timur tersebut.

JAKARTA – Tidak lama lagi kebijakan membolehkan angkutan umum melintas di jalur bus Transjakarta akan diterapkan.   Gubernur DKI Jakarta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News