Cerita Anies Baswedan, Rambut Novel Pernah Diserempet Peluru

Cerita Anies Baswedan, Rambut Novel Pernah Diserempet Peluru
Anies Baswedan. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Mendikbud Anies Baswedan mengenal sosok dan karakter penyidik senior KPK Novel Baswedan. Maklum, Anies masih saudara sepupu Novel.

Anies cerita, Novel merupakan seorang yang tidak suka macam-macam, berani, dan siap menanggung risiko dalam pekerjaannya.

Anies mengaku pernah diceritakan sebuah kasus oleh Novel. Itu adalah kisah tentang amanah dan tanggung jawab dengan risiko yang cukup besar.

"Bang, saya pernah tugas ada kontak senjata, peluru mengenai rambut saya," tutur Anies menirukan pembicaraannya dengan Novel, di Jakarta, Sabtu (2/5). ‎

Seperti diketahui, ‎Novel Baswedan ditangkap penyiduk Bareskrim Polri, Jumat (1/5) dini hari. Penyidik senior KPK itu dijerat dengan dugaan penganiayaan terhadap enam pencuri sarang hurung walet di Bengkulu pada 2004.

Novel adalah salah seorang penyidik terbaik yang dimiliki KPK. Dja tak hanya teliti dalam menelisik barang bukti. Putra kedua di antara empat bersaudara tersebut juga menjadi jagoan di lapangan. Sosok Novel pernah memimpin penangkapan Bupati Buol Amran Batalipu yang tertangkap tangan menerima suap.

Novel dan petugas lain mendapat serangan dari para pendukung Amran. Sepeda motor yang dia kendarai ringsek karena ditabrak mobil yang mengawal Amran. Novel selamat dan berhasil menangkap Amran keesokan harinya.

Novel juga dikenal sebagai penyidik kasus korupsi wisma atlet yang menyeret mantan Bendahara Umum Partai Demokrat M. Nazaruddin. Kasus tersebut akhirnya mengembang dan menyeret banyak politikus top seperti Angelina Sondakh, Andi Mallarangeng, dan Anas Urbaningrum. Novel pula yang menangkap Fuad Amin Imron, mantan bupati dan orang kuat di Bangkalan, Jawa Timur.

JAKARTA – Mendikbud Anies Baswedan mengenal sosok dan karakter penyidik senior KPK Novel Baswedan. Maklum, Anies masih saudara sepupu Novel.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News