Pembiayaan 600 Ribu Rumah, BTN Gandeng 3 Ribu Pengembang

Pembiayaan 600 Ribu Rumah, BTN Gandeng 3 Ribu Pengembang
Pembiayaan 600 Rumah, BTN Gandeng 3 Ribu Pengembang. Foto JPNN.com

jpnn.com - JPNN.com JAKARTA – Janji pemerintah untuk menekan backlog atau kekurangan pasokan perumahan dengan menggagas pembangunan satu juta rumah per tahun terus diupayakan.

Bank Tabungan Negara (BTN) sebagai BUMN perbankan yang ditugasi mewujudkan misi tersebut telah menjalin kerja sama dengan 3.000 pengembang untuk membiayai kredit pemilikan rumah (KPR).

Direktur Utama BTN Maryono mengatakan bahwa kerja sama yang dilakukan dengan pengembang diharapkan mempermudah penyiapan pasokan rumah kepada calon pembeli yang akan memanfaatkan fasilitas KPR BTN.

BTN berharap bisa mendukung pembiayaan sekitar 600 ribu rumah di antara target pembangunan satu juta rumah pada tahun ini.

“Dengan kerja sama ini, kami harap bisa mempercepat proses-proses yang terkait dengan pembiayaan,” terang Maryono di Jakarta, Jumat (1/5).

Langkah itu, antara lain, kemudahan setoran uang muka hanya 1 persen dari total kredit yang diajukan nasabah.

Program lainnya adalah mengenakan suku bunga KPR Sejahtera FLPP sebesar 5 persen yang lebih rendah daripada sebelumnya 7,25 persen.

Selain itu, proses pengurusan kredit hingga persetujuan KPR dipangkas menjadi hanya tiga hari, sementara jangka waktu kredit diperpanjang hingga 20 tahun. Selain mempermudah aspek pembiayaan dan proses bisnis, BTN juga telah menyiapkan sumber daya manusia (SDM), dan teknologi penunjangnya.

JPNN.com JAKARTA – Janji pemerintah untuk menekan backlog atau kekurangan pasokan perumahan dengan menggagas pembangunan satu juta rumah per

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News