Pamerkan Foto Bemo Sampai Wali Kota Zaman PKI

Pamerkan Foto Bemo Sampai Wali Kota Zaman PKI
Beberapa benda yang dipajang di Museum Surabaya. Menjelang pembukaan museum, Wali Kota Tri Rismaharini ikut membantu menata benda-benda yang akan di-display. Foto Ahmad Khusaini/Radar Surabaya/JPNN.com

jpnn.com - Setelah ditunda peresmiannya, Pemkot Surabaya memastikan  bahwa Museum Surabaya, Jawa Timur akan dibuka Minggu besok (3/5). Jumat(1/5) semua SKPD di Pemkot Surabaya dan Wali Kota Tri Rismaharini  secara  swadaya membersihkan museum yang berada di gedung Siola, Jalan Tunjungan, itu.

Peresmian akan  dilakukan bertepatan dengan Parade Budaya dan Bunga besok. Bedanya, peresmian di­lakukan 2 jam lebih cepat pada pukul 07.00, sedangkan Parade Budaya dan Bunga digelar pukul 09.00 dengan rute Tugu Pahlawan Taman Surya.

Di sela-sela bersih-bersih tersebut, Risma menuturkan bahwa perwujudan museum itu adalah sarana agar masyarakat Surabaya lebih kenal kotanya. ”Semua benda yang di-display (dipajang) di sini adalah barang yang dikumpulkan dari SKPD. Jadi, sekarang ngumpul di sini,” kata Risma seperti yang dilansir Radar Surabaya (Grup JPNN.com), Sabtu (2/5).

Pamerkan Foto Bemo Sampai Wali Kota Zaman PKI

Di museum yang terletak di lantai 1 gedung Siola itu, pemkot menata benda-benda tersebut yang disusun dengan berdasar  pada  klasifikasi  masing-masing.  Sampai  kemarin pun,  kata Risma, masih ada pengumpulan benda-benda yang akan di-display di museum.

Lulusan arsitektur ITS tersebut menuturkan bahwa pihaknya juga membeli sejumlah barang dari Surabaya maupun luar kota. Salah satunya adalah  kendaraan  lawas  yang  berupa bemo. Dia menuturkan bahwa pihaknya membeli bemo keluaran 1980-an dari warga Kertajaya.

”Besok (hari ini, Red) bemonya baru datang,” ujarnya.

Pemkot juga akan memajang bajaj. Risma menjelaskan bahwa bemo berbeda dari bajaj. ”Kalau bemo, hidungnya (bodi depannya) bulet. Kalau baaj, kotak,” tuturnya.

Setelah ditunda peresmiannya, Pemkot Surabaya memastikan  bahwa Museum Surabaya, Jawa Timur akan dibuka Minggu besok (3/5). Jumat(1/5) semua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News