Seputar Metode Stemcell Dalam Pengobatan Medis

Seputar Metode Stemcell Dalam Pengobatan Medis
Seputar Metode Stemcell Dalam Pengobatan Medis. Foto Radar Surabaya/JPNN.com

jpnn.com - JPNN.com SURABAYA – Metode stemcell atau pemanfaatan sel induk untuk mengganti sel tubuh yang rusak menjadi pembahasan dan metode baru dalam dunia kedokteran.

Namun, metode tersebut masih dalam tahap penelitian, pengembangan, dan pengujian atau fase transaksional.

Tujuannya membuktikan kebenaran dan keampuhannya. Hingga kini, metode itu belum disarankan masuk dalam standar pengobatan medis.

Meski demikian, metode ini terus dikembangkan di seluruh dunia. Termasuk di Pusat Regeneratif dan Bank Jaringan RSUD dr Soetomo, Surabaya, Jawa Timur.

Metode ini menjadi satu di antara fokus dalam penelitian dan pengembangan.

“Di sini, sejak 2011 kami mempelajari, meneliti, mengembangkan, dan mengujicobakan stemcell  ini. Tidak hanya untuk kebutuhan peningkatan layanan dan teknologi pengobatan di RSUD dr Soetomo saja, tetapi juga secara nasional. Sebab, di sini pusat satu-satunya di Indonesia,” terang Kepala Bidang Pelayanan Medik RSUD dr Soetomo Dr Joni Wahyuhadi dr SpBS seperti yang dilansir Radar Surabaya (Grup JPNN.com), Sabtu (2/5).

Joni menjelaskan, metode stemcell memiliki dua sel induk atau sel punca. Yaitu, embrional dan dewasa (adult stemcell). Yang dipergunakan dalam metode stemcell adalah sel induk dewasa. Sebab, sel ini yang paling banyak terdapat dalam sumsum tulang, otak, dan lemak pada perut. (nur/opi/awa/jpnn)


JPNN.com SURABAYA – Metode stemcell atau pemanfaatan sel induk untuk mengganti sel tubuh yang rusak menjadi pembahasan dan metode baru dalam


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News