Menteri Sofyan Bikin Program Bantuan Kredit Mahasiswa AMTO di Batam

Menteri Sofyan Bikin Program Bantuan Kredit Mahasiswa AMTO di Batam
Menteri Sofyan Bikin Program Bantuan Kredit Mahasiswa AMTO di Batam

jpnn.com - BATAMKOTA - Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil mengusulkan adanya program bantuan kredit uang kuliah bagi calon peserta kelas Teknik Penerbangan atau Aircraft Maintenance Training Organization (AMTO) di Politeknik Negeri Batam. Sebab, biaya program itu terbilang mahal. Setiap orang membutuhkan biaya, setidaknya, Rp 120 juta sampai mereka lulus. 

"Kalau diserahkan semua ke orang tua pasti kan ada yang mampu dan tidak mampu," ujarnya usai meninjau Hanggar AMTO dan Teaching Factory Politeknik Negeri Batam.

Sofyan segera menghubungi Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Muhammad Nasir melalui sambungan telepon, saat itu juga. Namun, Menteri Nasir belum menyetujuinya. Masih perlu pembicaraan lebih lanjut.

Kelas AMTO merupakan kelas baru di Politeknik Negeri Batam. Ini kelas yang akan melahirkan teknisi-teknisi pesawat udara. Sebuah profesi yang sangat langka dan paling dibutuhkan di seluruh dunia.

Rencananya, Politeknik akan membuka lima kelas di tahun ini. Dua kelas bekerja sama dengan PT Garuda Maintenance Facility (GMF). Tiga lainnya ditangani sendiri.

Kelas kerjasama dengan GMF akan berlangsung selama tiga tahun. Mereka yang lulus dari kelas ini akan bergelar DIII. Selain juga mendapat sertifikat lisensi dasar sebagai teknisi pesawat udara (AMEL - Aircraft Maintenance Engineer License, red).

Sementara tiga kelas yang Politeknik tangani hanya akan berlangsung 1,5 tahun. Hanya sampai lisensi dasar saja. Masing-masing kelas, namun demikian, hanya akan diisi 24 orang saja.

Menko Perekonomian Sofyan Djalil berniat menggandeng perbankan untuk dapat memberikan program bantuan kredit tersebut. Jadi, setiap bulan, pihak bank yang akan membayari biaya calon teknisi tersebut.

BATAMKOTA - Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil mengusulkan adanya program bantuan kredit uang kuliah bagi calon peserta kelas Teknik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News