Hati-hati! Pujian Bisa Bikin Anak Narsis

Hati-hati! Pujian Bisa Bikin Anak Narsis
forbes

jpnn.com - LONDON- Para orang tua kini harus lebih hati-hati saat memuji anak. Pasalnya, salah memberikan pujian justru bisa memberi dampak buruk karena sang anak berpeluang menjadi sosok yang narsis.

Sebuah studi meneliti anak usia 7-12 tahun yang diwawancara selama periode 18 bila. Hasilnya menunjukkan, anak yang berulang kali mendapat pujian sebagai bocah istimewa cenderung bakal narsis saat beranjak besar.

"Anak-anak percaya ketika orangtua mereka mengatakan bahwa mereka spesial dibandingkan anak lainnya. Itu mungkin tidak bagus untuk mereka dan juga lingkungan di sekitar mereka,” kata peneliti Brad Bushman, seperti dilansir laman Fox News, Jumat (1/5).

"Pujian itu justru tidak membuat rasa percaya diri anak-anak meningkat tetapi justru meningkatkan level narsis," tambah Bushman.

"Sangat penting untuk mengekspresikan kehangatan kepada anak-anak karena bisa meningkatkan harga diri mereka. Tapi, terlalu memuji mereka bisa mempromosikan narsisme yang lebih tinggi yang bisa menyebabkan tingkat yang lebih tinggi agresi dan kekerasan," tegas Bushman. (fny/jpnn)

 


LONDON- Para orang tua kini harus lebih hati-hati saat memuji anak. Pasalnya, salah memberikan pujian justru bisa memberi dampak buruk karena sang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News