Jokowi Diingatkan Jangan Sampai KPK Mati Suri di Eranya

Jokowi Diingatkan Jangan Sampai KPK Mati Suri di Eranya
Presiden Joko Widodo. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Sejak penangkapan penyidik senior KPK Novel Baswedan, kritikan terhadap Presiden Joko Widodo terus mengalir.

Direktur Lingkar Madani untuk Indonesia, Ray Rangkuti mengatakan kritikan terus datang karena selama ini hanya presiden yaang dianggap bisa menyelamatkan KPK dari kriminalisasi. Namun, Jokowi sapaan akrab Joko Widodo, terlihat pasif dalam bertindak.

"Jika presiden juga bersikap diam, seolah tidak tahu-menahu tentu semua orang akan mengira, tindakan polisi ini dengan sengaja dibiarkan oleh presiden," ujar Ray pada JPNN, Minggu (3/5).

Tadinya, kata Ray, publik menaruh harapan pada Kompolnas yang selama ini menjadi pengawas Polri. Namun, Kompolnas diakuinya tak bertaring dan justru cenderung berpihak pada Polri. Alih-alih mengkritik Polri, Kompolnas juga dianggap melakukan pembiaran selama ini atas sejumlah aksi kriminalisasi yang dilakukan Polri.

"Karena efektifitas Kompolnas dalam melihat kasus-kasus seperti ini tak bisa diharapkan, maka satu-satunya jalan adalah presiden yang harus tegas bersikap," imbuh Ray.

Menurut Ray, sejumlah kasus yang dijeratkan pada beberapa tokoh di KPK tidak dapat dilihat lagi sebagai penegakan hukum murni, melainkan balas dendam belaka.

"Jangan sampai KPK mati suri justru di era presiden yang terpilih karena janjinya akan memperkuat KPK," tandas Ray.(flo/jpnn)

 


JAKARTA - Sejak penangkapan penyidik senior KPK Novel Baswedan, kritikan terhadap Presiden Joko Widodo terus mengalir. Direktur Lingkar Madani untuk


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News