PSM Makassar Perlu Menyisipkan Pemain Usia 21 untuk Regenerasi

PSM Makassar Perlu Menyisipkan Pemain Usia 21 untuk Regenerasi
PSM Makassar Perlu Menyisipkan Pemain Usia 21 untuk Regenerasi

jpnn.com - SKUAT PSM Makassar saat ini berisi 28 pemain. Jika disaring berdasarkan usia, pemain muda di bawah 23 tahun hanya ada tiga, yakni Maldini Pali (21), Muchlis Hadining (20), dan Agung Prasetyo (22). Dibandingkan tim lain di negeri ini, usia Pasukan Ramang rata-rata 29 tahun.     

Memanfaatkan jeda kompetisi yang sepertinya akan panjang, beberapa kalangan menyarankan tim mulai mencari penerus generasi Syamsul Haeruddin. Manejemen dianjurkan menyisipkan beberapa nama pemain U-21 di skuat inti.
    
Mantan pemain PSM Makassar tahun 1983-1991, Amiruddin, mengatakan, tim seharusnya lebih banyak memberi kesempatan kepada para pemain muda. Ia menyebut mereka sebagai aset tim yang bakal jadi andalan jika dibina dengan baik. 
    
"Untuk posisi-posisi yang rawan, seperti bek kiri dan penyerang bolehlah ada pemain muda asli Sulsel yang diikutkan di skuat inti," ujar top skor Soeharto Cup itu.
    
Ketua Kelompok Suporter Hasanuddin, Iskandar, menyebut fanatisme kedaerahan bakal menghadirkan motivasi berlipat. Selain bertekad menang untuk diri sendiri dan tim, pemain muda dari Sulsel juga ingin menang untuk kebanggan daerahnya.
    
"Mengapa kita tidak coba mengorbitkan pemain U-21?. Mereka selalu disebut kurang pengalaman. Kapan ada pengalamannya kalau tidak dicoba. Pemain lokal kita mulai habis," kritik Iskandar.
    
Pengurus Asprov PSSI Bidang Pembinaan Usia Dini, Hamid Ahmad, juga demikian. Ia membandingkan kondisi pembinaan PSM di masa lalu dengan sekarang. "Dulu PSM tidak pernah kesulitan mencari pemain, sebab kompetisi internal PSM jalan terus. Ada saja pemain baru berbakat yang muncul," kata Hamid.
    
Asisten Pelatih PSM Makassar, Bahar Muharram, juga punya pandangan sama. Bahkan ia menyebut beberapa pemain dari U-21 layak disisipkan di skuat senior. Pengalaman mereka (pemain muda) tentu akan bertambah," jelas pemilik SSB Hasanuddin itu. (ris/yat/ray/jpnn)


SKUAT PSM Makassar saat ini berisi 28 pemain. Jika disaring berdasarkan usia, pemain muda di bawah 23 tahun hanya ada tiga, yakni Maldini Pali (21),


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News