Timor Leste Kejar Tiga Sektor Utama Demi Masuk ASEAN

Timor Leste Kejar Tiga Sektor Utama Demi Masuk ASEAN
Bendera Timor Leste. Foto: Ist

jpnn.com - JAKARTA - Pemerintah Timor Leste saat ini ingin diterima dalam organisasi internasional seperti ASEAN dan ASEAN Economic Community.

Menurut Wakil Menteri Keuangan Timor Leste, Helder Lopes, untuk mewujudkan keinginan itu, pihaknya berusaha menjalankan pembangunan ekonomi yang terkonsep.

"Kami ingin meletakkan konsep pembangunan ekonomi dalam konsep regional, karena kami ingin masuk ASEAN dan ASEAN economic community. Dan sekarang yang perlu kami lakukan adalah terus melanjutkan dan mempersiapkan diri supaya kalau kami diterima," ujar Helder melalui keterangan persnya pada wartawan, Minggu (3/5).

Menurutnya, pemerintah Timor Leste saat ini mengembangkan tiga sektor utama untuk membangun perekonomian dan menarik minat investor. Di antaranya pertanian, pariwisata, dan perminyakan. Ia mengatakan tiga sektor tersebut paling berpotensi bagi investor.

"Itu semua sedang kita atur secara baik supaya kalau orang mau tanam modal mereka enggak usah pusing-pusing dengan permasalahan ini," sambungnya.

Selain itu, kata Helder, pemerintah Timor Leste telah melakukan evaluasi dan melakukan reformasi struktural. Terutama pengaturan perpajakan, investasi, dan lahan untuk mendorong dan memberikan kepastian investasi.

"Kami telah me-reform pajak mulai tahun 2008 dengan membuat hukum perpajakan yang lebih baik. Misalnya corporating tax hanya 10 persen. Itu terendah di region. Kami juga berikan tax holiday bagi beberapa negara," tandasnya.(flo/jpnn)


JAKARTA - Pemerintah Timor Leste saat ini ingin diterima dalam organisasi internasional seperti ASEAN dan ASEAN Economic Community. Menurut Wakil


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News