Hukum Tak Berpihak ke Korban Pencurian, Warga Biarkan Kriminalitas Merajalela

Hukum Tak Berpihak ke Korban Pencurian, Warga Biarkan Kriminalitas Merajalela
Hukum Tak Berpihak ke Korban Pencurian, Warga Biarkan Kriminalitas Merajalela

jpnn.com - BANTUL – Kondisi sosial masyarakat Pedukuhan Pamotan Kidul, Jambidan, Banguntapan, Bantul di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tengah bergejolak. Sebab, warga seolah membiarkan berbagai aksi kriminalitas, khususnya pencurian di wilayah mereka.

Meskipun mengetahui siapa para pelakunya, warga memilih diam saja. Parahnya, kondisi ini ternyata juga menjalar ke kampung sebelahnya, yaitu Pedukuhan Pamotan Lor, Jambidan, Banguntapan.

”Warga khawatir kalau menangkap maling ternyata malah nantinya warga yang dilaporkan balik dan masuk penjara,” terang Ketua RT 01 Pedukuhan Pamotan Kidul Sukiman seperti dikutip Radar Jogja.

Usut punya usut, kekhawatiran warga di dua kampung ini tak terlepas dari penetapan dua warga Pamotan Kidul, yaitu Haryono, 35, dan Taufik, 30, sebagai tersangka. Kakak beradik ini ditetapkan sebagai tersangka oleh Polres Bantul sekitar dua bulan lalu.

Penyebabnya, dua bersaudara ini disangka telah menculik, menganiaya, dan mengeroyok tetangganya bernama Fandi Nugroho, 19. ”Kakak saya ini korban kok malah dijadikan tersangka,” tutur Taufik.

Ya, pertengahan Desember tahun lalu genset dan accu truk Haryono hilang karena dicuri. Kemudian, kata Taufiq, dia bersama kakaknya datang ke rumah Fandi. Ini karena mereka mendengar informasi tetangganya itu lah yang mencuri genset dan accu truk.

”Kami ditemui orang-tuanya (Fandi) dan kami juga pamit untuk mengajak anaknya untuk menunjukkan ke mana barang kami dijual,” urainya.

Fandi mengaku menjual barang hasil curiannya ke pengepul barang bekas. Selanjutnya, Taufik bersama Haryono mengajak Fandi ke wilayah di sekitar TPST Piyungan.

BANTUL – Kondisi sosial masyarakat Pedukuhan Pamotan Kidul, Jambidan, Banguntapan, Bantul di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tengah bergejolak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News