Serap Aspirasi di Dapil, Bawa Banyak PR dari Aceh

Serap Aspirasi di Dapil, Bawa Banyak PR dari Aceh
Nasir Djamil. Foto:ist

jpnn.com - ANGGOTA Komisi III DPR, Nasir Djamil melakoni reses penutupan masa sidang III dengan mengikuti seminar bertajuk 'Peran Pemuda Dalam Menjaga dan Merawat Perdamaian Aceh', yang digelar di Gedung STAIN Meulaboh, Selasa (5/5).

Hadir dalam seminar tersebut, ratusan mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Meulaboh, Aceh Barat dan sejumlah tokoh masyarakat setempat. "Pemuda Aceh telah menghadirkan peristiwa-peristiwa besar bangsa ini. Bersama para ulama, pemuda Aceh telah membutikan bahwa satu-satunya wilayah nusantara yang tidak bisa dikuasai oleh Belanda," ujar Nasir kepada wartawan, Selasa (5/5).

Nasir mengatakan, Aceh juga memiliki sejarah konflik yang sangat panjang. Ribuan rakyat tewas dalam perang. Ekonomi hancur, tatanan sosial kacau, mental dan psikologi masyarakat drop. Tak hanya soal konflik, tahun 2004 tsunami melanda Aceh. 

Pasca tsunami inilah merupakan titik awal dari resolusi konflik dan secercah harapan damai muncul. Pada akhirnya, pada tanggal 15 Agustus 2005 ditandatangani MOU antara pemerintah RI dan GAM di Helsinki Finlandia dan Aceh pun damai.

"Saat ini Aceh sudah damai setelah berhasil melewati sejarah yang panjang yang penuh dinamika bagi masyarakatnya. Pemuda Aceh, harus mampu menjaga anugerah perdamaian ini yang begitu mahal ini,"cetusnya.

"Memelihara perdamaian Aceh yang sudah terbentuk ini merupakan harga mati dan kewajiban semua pihak termasuk Pemuda Aceh," imbuhnya. 

Sebelum mengikuti seminar, Nasir juga bertemu dengan sekitar seratus tokoh masyarakat, pemuda dan kader Partai Keadilan Sejahtera di Hotel Kana, Calang, Aceh Jaya, Senin (4/5).

Dalam kesempatan tersebut sejumlah tokoh menyampaikan berbagai aspirasi terkait persoalan yang selama ini mendera kehidupan masyarakat khususnya yang berada di Kabupaten Aceh Jaya.

ANGGOTA Komisi III DPR, Nasir Djamil melakoni reses penutupan masa sidang III dengan mengikuti seminar bertajuk 'Peran Pemuda Dalam Menjaga dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News