Berharap Kongres Demokrat Diawasi dari Dana Haram

Berharap Kongres Demokrat Diawasi dari Dana Haram
Uchok Sky Khadafi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Centre for Budget Analisys, Uchok Sky Khadafi meminta tim satgas pemberantasan korupsi yang terdiri dari unsur Kejaksaan Agung, Polri dan KPK yang rencananya segera dibentuk, untuk diterjunkan pada Kongres Partai Demokrat (PD) yang digelar di Surabaya tanggal 11-13 Mei 2015. 

Menurut Uchok, ini penting untuk menjaga proses pemilihan ketua umum dari segala bentuk korupsi. "Pemerintah kan segera membentuk tim satgas pemberantasan korupsi yang terdiri dari KPK, Kejaksaan dan Polri. Segera saja tim satgas ini diujicobakan dalam kongres PD nanti. Ini penting demi menjaga proses pemilihan ketua umum yang bersih dari penyalahgunaan wewenang dan korupsi. Kongres partai harus bersih dari dana haram," kata Uchok, di Gedung DPR, Senayan Jakarta, Selasa (5/5).

Selama ini lanjutnya, banyak contoh kongres partai diwarnai dengan politik uang untuk penyelenggaraan kongres dan pemenangan salah satu calon dengan dana yang tidak jelas, meski ditegaskan bahwa kader-kader Demokrat di DPR siap untuk saweran memenangkan SBY. Tapi menurut Uchok, tetap tidak akan cukup.

"Jadi ini pengawasan sangat pantas dilakukan dalam kongres Partai Demokrat ini," tegas Uchok.

Terlebih Ketua Harian PD, Syarief Hasan menjanjikan kepada pengurus DPC dan DPC untuk membangun seluruh kantor kesektariatan PD di daerah yang sumber dananya juga dipertanyakan. "Selama ini memang Demokrat tidak punya kantor sendiri, kantor DPP pun mereka tidak punya. Lantas sekarang darimana mereka mendapatkan uang untuk membangun kantor DPC-DPD seluruh Indonesia?" ujarnya.

Selama ini menurut Uchok meski sulit dibuktikan, dalam kongres selalu ada politik uang. "Makanya ini saatnya satgas terpadu pemberantasan korupsi ini melakukan uji coba. Tugas mereka lah membuktikan bahwa kongres partai harus benar-benar bersih. Dana yang digunakan harus berasal dari sumber-sumber yang halal dan bukan hasil korupsi. Jangan ada orang yang berlagak “miskin” namun mampu membiayai kemenangan dirinya dengan dana yang jumlahnya fantastis," imbuhnya. (fas/jpnn)


JAKARTA - Direktur Centre for Budget Analisys, Uchok Sky Khadafi meminta tim satgas pemberantasan korupsi yang terdiri dari unsur Kejaksaan Agung,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News