Berharap Jumlah Desa Tertinggal Berkurang Hingga 5 Ribu

Berharap Jumlah Desa Tertinggal Berkurang Hingga 5 Ribu
Marwan Jafar. Foto: Ist/dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Marwan Jafar mengharapkan, dana desa yang akan segera dicairkan pemerintah pusat dalam waktu dekat, bisa mewujudkan target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, sesuai Peraturan Presiden Nomor 2 tahun 2015.

Dana dari APBN itu diharapkan nantinya bisa dikelola dengan baik sehingga bisa mengurangi jumlah desa tertinggal hingga 5.000 desa, atau meningkatkan jumlah desa mandiri hingga 2.000 desa.

 “Terutama 1.138 desa di kawasan perbatasan. Karena itu Kementerian DPDTT akan secara maksimal melakukan pendampingan sesuai amanah Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014,” ujarnya, Selasa (5/5).

Selain desa-desa di perbatasan, Kementerian DPDTT menurut Marwan, juga akan memrioritaskan pembangunan di 39.086 desa tertinggal dan di 17.268 desa sangat tertinggal.

“Ada beberapa indikator yang akan digunakan oleh Kementerian DPDTT untuk mengukur seberapa jauh desa tersebut sudah lepas dari ketertinggalan," ujarnya.

Indikator desa sudah lepas dari ketertinggalan, jika sudah mampu bertahan dari goncangan ekonomi. Juga jika sudah memiliki ketahanan pangan dan mampu mendukung perekonomian kawasan lainnya. (gir/jpnn)

    

 


JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Marwan Jafar mengharapkan, dana desa yang akan segera dicairkan pemerintah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News