Genjot Upaya Sukseskan Sail Tomini demi Penguatan Sektor Maritim

Genjot Upaya Sukseskan Sail Tomini demi Penguatan Sektor Maritim
Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani (tengah) bersama Menko Polhukam Tedjo Edhi Purdijatno (paling kanan), serta Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dalam acara peresmian rangkaian Sail Tomini dan Festival Boalemo 2015 di Jakarta, Selasa (5/5). Foto: Humas Kemenko PMK for JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Pemerintah terus berupaya memastikan agar penyelenggaraan Sail Tomini di Sulawesi Tengah pada September nanti bisa sukses. Sebab, pemerintah meyakini imbas even bertaraf internasional itu akan sangat terasa bagi masyarakat setempat terutama untuk mendongkrak kesejahteraan daerah-daerah tertinggal.

Rangkaian Sail Tomini yang diramaikan juga dengan Festival Boalemo mulai diresmikan hari ini (5/5) di Jakarta. Peresmian dilakukan oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, serta dihadiri oleh Menko Polhukam Tedjo Edhi Purdijatno, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti,  Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Perindustrian Saleh Husin, Kepala Polri Jenderal Badrodin Haiti dan Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola.

Puan dalam kata sambutannya saat peresmian Sail Tomini dan Festical Boalemo 2015 mengatakan, penyelenggaraan even itu merupakan upaya pemerintah guna menguatkan strategi dalam pembangunan kelautan dan maritim. Tujuannya, kata Puan, adalah untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara maritim yang maju dan mandiri.

"Penguatan tersebut tidak hanya dalam dimensi menjaga kedaulatan dan integritas wilayah NKRI akan tetapi juga melakukan penguatan atas strategi  pembangunan kelautan dan maritim yang diarahkan untuk dapat menguasai dan mengelola sumber daya kelautan dan maritim bagi kesejahteraan rakyat," ujar Puan dalam rilis Kemenko PMK, Selasa (5/5).

Puan menambahkan, sebagai bentuk dukungan pemerintah pusat maka pada 17 Oktober 2014 silam telah diterbitkan  Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 42 Tahun 2014 tentang Panitia Nasional Sail Tomini 2015. Menurutnya, Kemenko PMK telah menggalang sejumlah kementerian dan lembaga pemerintahan lainnya untuk membantu panitia dan pemerintah daerah Sulawesi tengah dalam menggelar Sail Tomini dan Festival Boalemo 2015.

Karenanya Puan menegaskan, pemerintah pasti memberikan dukungan penuh pada penyelenggaraan Sail Tomini 2015 sebagai bagian dari upaya meningkatkan produksi perikanan, pengembangan energi dan mineral kelautan, pengembangan kawasan wisata bahari, hingga  kemampuan industri maritim dan perkapalan. "Prioritas khusus akan diberikan pada peningkatan fungsi dan peran perhubungan laut untuk mewujudkan poros maritim dunia," ujar Puan.(ara/jpnn)


JAKARTA - Pemerintah terus berupaya memastikan agar penyelenggaraan Sail Tomini di Sulawesi Tengah pada September nanti bisa sukses. Sebab, pemerintah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News