Duo Bali Nine Dimakamkan di Sydney Pekan Ini

Duo Bali Nine Dimakamkan di Sydney Pekan Ini
Duo Bali Nine Dimakamkan di Sydney Pekan Ini

Duo Bali Nine yang dieksekusi Rabu (29/4/2015) lalu di Nusakambangan akan dimakamkan pekan ini di Sydney. Upacara pemakaman untuk Andrew Chan akan dilakukan Jumat (8/5/2015) sedangkan Myuran Sukumaran pada hari Sabtu (9/5/2015).

Upacara untuk Chan akan berlangsung di Hillsong Church di daerah Baulkham Hills. Sementara jenazah Sukumaran akan dilepas di DaySpring Church di Castle Hill.

Keluarga kedua pihak secara terpisah telah mengundang masyarakat umum untuk turut menghadiri pelepasan jenazah masing-masing.

Jenazah Chan dan Sukumaran tiba kembali di Australia hari Sabtu pekan lalu, tiga hari setelah mereka tewas dieksekusi oleh regu penembak bersama enam terpidana mati lainnya.

Perdana Menteri Tony Abbott menyebut eksekusi itu sebagai "momen gelap" dalam hubungan Australia dan Indonesia, dan meresponnya dengan menarik Dubes Paul Grigson dari Jakarta.

Sejak eksekusi itu, tudingan kepada Kepolisian Federal Australia (AFP) semakin mengemuka terkait fakta mengapa AFP tidak menangkap duo Bali Nine ini sebelum berangkat ke Indonesia di tahun 2005.

Pekan ini Komisioner AFP Andrew Colvin menjelaskan polisi "Tidak memiliki cukup bukti untuk menangkap sindikat tersebut saat itu".

Komisioner Colvin menegaskan, secara operasional kejasama dengan kepolisian Indonesia (Polri) saat itu sudah tepat dalam berbagi informasi mengenai kejahatan narkoba.

Duo Bali Nine yang dieksekusi Rabu (29/4/2015) lalu di Nusakambangan akan dimakamkan pekan ini di Sydney. Upacara pemakaman untuk Andrew Chan akan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News