Hamengkubuwono X Keluarkan Sabda, Ini Sikap Mendagri

Hamengkubuwono X Keluarkan Sabda, Ini Sikap Mendagri
Hamengkubuwono X Keluarkan Sabda, Ini Sikap Mendagri

jpnn.com - JAKARTA- Kementerian Dalam Negeri angkat suara terkait sabda yang dikeluarkan Sultan Hamengkubuwono X. Mendagri Tjahjo Kumolo mengatakan, pihaknya enggan mencampuri internal DI Jogjakarta.

Sebagaimana diketahui, Sultan Hamengkubuwono X kembali mengeluarkan sabda pada Selasa (1/5) lalu. Dalam sabdanya, Sultan mengubah gelar putri sulungnya dari GKR Pembayun menjadi GKR Mangkubumi. Langkah ini diduga untuk mempersiapkan sang putri menjadi penerus takhta.

Tjahjo mengatakan, pihaknya belum menerima surat resmi terkait sabda itu. Yang pasti, pihaknya memilih bersikap netral. “Kemendagri tidak ingin terlibat urusan keluarga. Namanya kakak adik, kami tidak ingin ikut campur,” ujarnya, Rabu (6/5).

Tjahjo mengaku sudah mengungapkan pandangannya pada perwakilan keluarga Kesultanan Yogya yang datang menemuinya Senin (4/5) kemarin. Dalam pertemuan, pihak keluarga meminta Kemendagri mengeluarkan kebijakan. Intinya ialah agar sultan membuka ruang digelarnya rapat keluarga.

“Soal ada keluarga yang meminta Kemendagri mengeluarkan kebijakan kepada Sultan untuk adanya rapat keluarga, itu bukan ranah kami. Saya jelaskan, Anda kan adik-kakaknya sultan, ya dibahas internal. Makanya kami tidak ikut campur,” tambah Tjahjo.

Menurut Tjahjo, dalam Undang-Undang tentang Keistimewaan Yogyakarta, pemerintah pusat hanya bisa memberi masukan kepada Sultan terkait posisinya sebagai gubernur. Sementara, posisi sebagai raja bersifat mandiri.

“Dengan otonomi khusus kan dipisahkan antara kewenangan sultan dengan sabdanya. Kalau konteksnya sebagai gubernur baru ada (kaitan dengan pemerintah pusat,red). Tapi kalau sebagai sultan, kan mandiri. Saya atau bahkan presiden tidak bisa ikut campur,” tegas Tjahjo. (gir/jpnn)


JAKARTA- Kementerian Dalam Negeri angkat suara terkait sabda yang dikeluarkan Sultan Hamengkubuwono X. Mendagri Tjahjo Kumolo mengatakan, pihaknya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News