Ini Pebalap yang Rebut Etape Pertama International Tour de Banyuwangi Ijen

Ini Pebalap yang Rebut Etape Pertama International Tour de Banyuwangi Ijen
Ini Pebalap yang Rebut Etape Pertama International Tour de Banyuwangi Ijen

jpnn.com - BANYUWANGI - Pebalap asal Hong Kong, King Lok Cheung yang tergabung dalam HKSI Pro Cycling Team menjadi yang tercepat dalam etape pertama Etape pertama International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2015, Rabu (6/5). Dia berhasil menjadi yang tercepat di sepanjang rute sejauh 167 kilometer dari Kecamatan Glenmore hingga Taman Blambangan.

King Lok Cheung membukukan catatan waktu 3 jam, 58 menit, dan 34 detik. Posisi kedua ditempati Raffa Chitouri (Tunisia) dari Skydive Dubai Pro Cycling Team dengan catatan waktu yang sama dengan Lok Cheung namun hanya berselisih sepersekian detik. 

Saking ketatnya, di garis finish, kedua pebalap asing itu datang bersamaan, hanya berbeda tak sampai setengah ban. Sedangkan Ahmed Mirza Alham Yousif Mohamed dari Timnas Uni Emirat Arab berada di posisi ketiga dengan selisih 52 detik.

"Ini merupakan hasil yang mengejutkan bagi saya. Saya cukup puas dan akan terus berjuang hingga etape terakhir. Namun, saya akui etape selanjutnya sangat berat terutama pada rute tanjakan ke Gunung Ijen pada etape ketiga," ujar King Lok Cheung.

Pada awal perlombaan, semua pebalap masih berada satu grup di rombongan besar. Menjelang intermediate sprint pertama, sejumlah pebalap menggebrak. Aiman Cahyadi dari Pegasus Continental Cycling Team berhasil merebut sprint pertama. Disusul Zamri Salle dari Terengganu (Malaysia) dan Mat Nur yang membela KFC.

Setelah intermediate sprint pertama, 14 pebalap tampak berada dalam kelompok kecil memimpin lomba. Namun, kelompok kecil itu akhirnya terpecah pada kilometer 25.

Menjelang intermediate sprint kedua di KM 74,1, rombongan pebalap kembali terpecah. Sebanyak 10 pebalap memimpin di depan dengan gap empat menit. Pebalap asal tim BRCC Herwin Jaya sukses merebut intermediate seprint kedua. Lepas itu, hingga KM 100, formasi balapan tak banyak berubah.

Menjelang tanjakan pertama, rombongan kecil memimpin jalannya lomba juga terpecah dengan hanya dua pebalap di posisi paling depan. Kembali nama Herwin Jaya mencatatkan waktu terbaik pada King of Mountain (KOM) pertama. Herwin mengungguli Elan Riyadi dari Timnas Indonesia, Yusrizal Usoff asal Trengganu, serta Ruslan Karimov dari Timnas Uzkebistan.

BANYUWANGI - Pebalap asal Hong Kong, King Lok Cheung yang tergabung dalam HKSI Pro Cycling Team menjadi yang tercepat dalam etape pertama Etape pertama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News