Pebalap Spanyol Kuasai Etape Kedua Tour de Banyuwangi Ijen

Pebalap Spanyol Kuasai Etape Kedua Tour de Banyuwangi Ijen
International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI). FOTO: ist

jpnn.com - BANYUWANGI - Etape kedua International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) yang berlangsung Kamis (7/5) selesai sudah. Dalam etape ini, Pebalap Spanyol, Benjamin Prades Raventer, dari Matrix Powertag Team berhasil bertengger di posisi pertama.

Prades mengungguli pebalap Portugal, Edgar Lemos Pinto, dari Skydive Dubai Pro Cycling Team dan pebalap Perancis, Peter Pouly, dari Singha Infinite Cycling Team. Ketiga pebalap itu bersaing ketat dan sama-sama mencatatkan waktu 3 jam, 30 menit, dan 14 detik. Balapan berlangsung ketat, ketiga pebalap hanya dibedakan 0,001 detik.

Dengan jalanan yang relatif datar pada awal etape membuat para pebalap langsung melakukan "breakaway". Sembilan pebalap memimpin di depan. Disusul lima lainnya dan rombongan besar. Namun, jaraknya sangat pendek, kurang dari 30 detik. Perlahan para pebalap di rombongan depan mulai memperlebar jarak. Mereka terus memimpin hingga intermediate pertama pada KM 39.4.

Pebalap Timnas Indonesia, Fatahillah Abdullah, sukses merebut sprint pertama. Disusul Jefri Irawan dari KFC Team, Chao Kai Chin dari Attaque Team Gusto Italia, dan Tonton Susanto. Selepas sprint pertama, komposisi pebalap di barisan terdepan belum berubah.

Jarak dengan rombongan besar juga semakin lebar. Bahkan lepas dari KM 57, jarak waktu dengan rombongan besar mencapai 2 menit, 30 detik. 

Fatahillah Abdullah dari Timnas Indonesia kembali merebut sprint kedua di kawasan Rogojampi. Disusul Jefri Irawan, Eko Bayu dari Puslatda Jatim, dan Chao Kai Chin. Hasil ini membuat green jersey (raja sprint) akan dikenakan Fatahillah pada etape berikutnya.

Selepas sprint kedua dan menjelang tanjakan pertama, gap antara grup depan dan peleton (rombongan besar pebalap), kini terpangkas menjadi dua menit saja. 

Hasil di King of Mountain pertama di kawasan Pendarungan menempatkan Eric Sheppard (Australia) dari Attaque Gusto Team di posisi depan. Lalu disusul Jay Dutton (Australia) dari St George Merida Team dan Agung Alisahbana dari Pegasus Continental Cycling Team.

BANYUWANGI - Etape kedua International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) yang berlangsung Kamis (7/5) selesai sudah. Dalam etape ini, Pebalap Spanyol,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News