Tiga Nama Ini Kandidat Terkuat Gubernur DKI

Tiga Nama Ini Kandidat Terkuat Gubernur DKI
Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Foto: Dedi/dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Nama-nama kandidiat calon gubernur DKI yang akan maju di pilgub 2017 mendatang mulai bermunculan. Ini setelah Cyrus Network (CN) menyebut incumbent Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Walikota Bandung Ridwan Kamil, dan Walikota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) menjadi nominantor kuat menjadi orang nomor satu di ibu kota.

Yang menarik dari hasil survei yaitu, ketiganya diinginkan masyarakat maju di Pilgub DKI 2017 lewat jalur independen‎, bukan lewat jalur partai politik (parpol).

Ini merupakan peringatan bagi partai-partai politik yang selama ini menjadi kendaraan calon-calon pemimpin daerah.

Ahok mengaku santai terhadap hasil survei tersebut. “Enggak apa-apa, kalau ada yang lebih baik dan jujur dari saya berarti bagus dong,” kata Ahok di balai kota, Jumat pagi (8/5).

Nama itu berkibar lantaran gebrakan-gebrakannya yang kadang menimbulkan kontroversi, tapi demi kebaikan masyarakat. Menurut Ahok semakin banyak orang bagus mau jadi gubernur berarti warga Jakarta pilihannya tambah banyak. “Yang untung orang Jakarta dong,” tambahnya.

Dari survei CN, Ahok mendapat tingkat‎ elektabilitas 33,9 persen, Risma 11,4 persen, Ridwan Kamil 10,4 persen, dan selebihnya diisi beberapa nama. “Kalau punya rekam jejak yang baik, ada kemungkinan bisa jadi gubernur DKI," ujar pejabat asal Belitung tersebut.

Survei tersebut berlangsung pada 23 April hingga 27 April 2015. Metode yang dilakukan adalah multistage random sampling. Responden tersebar secara proporsional di seluruh wilayah kelurahan DKI Jakarta dengan umur minimal 17 tahun.

Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka. Jumlah responden 1.000 orang dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error kurang lebih 3,1 persen. (Dedi Y/dio)

JAKARTA - Nama-nama kandidiat calon gubernur DKI yang akan maju di pilgub 2017 mendatang mulai bermunculan. Ini setelah Cyrus Network (CN) menyebut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News