Jembatan Kutai Kartanegara yang Sebentar Lagi 'Hidup' Kembali

Agar Kumala Tak Menjadi Pulau Hantu

Jembatan Kutai Kartanegara yang Sebentar Lagi 'Hidup' Kembali
Jembatan Kutai Kartanegara yang Sebentar Lagi 'Hidup' Kembali

jpnn.com, KUTAI KARTANEGARA - "Golden Gate’’ Kutai Kartanegara (Kukar) di Tenggarong yang roboh empat tahun silam ditargetkan tersambung kembali bulan depan. Jika terwujud, Pulau Kumala, ’’Disneyland’’ di tengah Sungai Mahakam, bisa bergeliat lagi. Berikut laporan wartawan Jawa Pos TATANG MAHARDIKA yang akhir April lalu melihat ikon Kukar itu.

Laporan Tatang Mahardika, Kutai Kartanegara

MESIN AC (air conditioner) yang diletakkan di dinding kayu bagian luar GSJ Resort tiba-tiba berhenti saat saya tiba di depan penginapan yang terletak di tengah Pulau Kumala, Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar), itu. Sepi ngelangut dan hari kian beranjak sore.

Cuma cicuit burung yang terdengar pada Jumat (24/4) menjelang petang itu. Kolam renang yang terhampar di bagian depan resor di pulau yang terletak di tengah Sungai Mahakam tersebut tampak tidak terurus. Dedaunan yang jatuh dari pepohonan sekitar menutupi sebagian permukaan. Sebuah kandang burung di pinggir kolam juga tidak berpenghuni.

Semestinya ada seseorang di tempat itu. Seseorang yang mematikan AC tadi. Apakah itu ’’sesuatu’’? Entahlah. Yang pasti, semua pintu resor tertutup rapat. Tak satu pun lampu menyala. Debu menyelimuti sebagian besar lantai yang terbuat dari kayu.

Saya yang berkeliling selama 15 menit di sekitar resor tidak menemukan seorang pun di sana. Hanya seekor biawak yang berlari menjauh ke bagian belakang resor.

’’Memang sudah lama tak ada tamu yang menginap di sana. Pulaunya saja sepi pengunjung,’’ kata Abdul Musa, tukang perahu yang mengantar saya ke pulau seluas 87 hektare yang merupakan delta Sungai Mahakam itu.

Suasana yang sama terlihat di pintu masuk utama Pulau Kumala. Tiga ekor kucing melompat begitu seorang petugas resor, Udin, mengusirnya dari lubang loket tiket saat melihat saya mendekat. Tak seorang pengunjung pun terlihat di sana.

'Golden Gate' Kutai Kartanegara (Kukar) di Tenggarong yang roboh empat tahun silam ditargetkan tersambung kembali bulan depan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News