Target 28 Ribu Bangun Rumah, Terealisasi 15 Ribu

Target 28 Ribu Bangun Rumah, Terealisasi 15 Ribu
Target 28 Ribu Bangun Rumah, Terealisasi 15 Ribu

jpnn.com - JPNN.com SURABAYA – Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) Jatim menargetkan pembangunan 15 ribu rumah sederhana pada tahun ini.

Pembangunan rumah tersebut ditujukan untuk mendukung realisasi sejuta rumah yang dicanangkan pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Dari laporan para anggota, tahun ini kami hanya mampu membangun 15 ribu rumah meski sebenarnya kebutuhannya mencapai 800 ribu unit,” kata Ketua DPD Apersi Jatim Supratno seperti yang dilansir Radar Surabaya (Grup JPNN.com), Jumat (8/5).

Dia menerangkan bahwa selama ini ada beberapa kendala pembangunan rumah sederhana untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Mulai sulitnya mencari lahan hingga belum adanya dukungan infrastruktur akses masuk ke perumahan.

Bahkan, tahun lalu penjualan rumah untuk MBR mengalami penurunan sekitar 15 persen yang diduga terjadi karena faktor daya beli masyarakat yang menurun. Dengan kebijakan baru pemerintah yang memberlakukan uang muka KPR 1 persen dan subsidi uang muka Rp 4 juta, penjualan diharapkan kembali tumbuh.

“Kami harap, kebijakan yang berlaku per 1 Mei 2015 bisa kembali menggairahkan pasar properti untuk MBR,” tuturnya.

Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf mengakui bahwa penyediaan rumah untuk MBR di Jatim setiap tahun memang belum mencapai target.

Dia mencontohkan, pada 2014, di antara target pembangunan rumah 25 ribu unit namun yang terealisasi, hanya sekitar 11 ribu unit.

JPNN.com SURABAYA – Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) Jatim menargetkan pembangunan 15 ribu rumah sederhana

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News