Sosok GKR Mangkubumi di Mata Anak-anak Sultan HB X Lainnya

Penyuka Tempe Busuk Itu Dianggap Sosok Pemberi Solusi

Sosok GKR Mangkubumi di Mata Anak-anak Sultan HB X Lainnya
GKR Pambayun (kanan) yang telah dinobatkan sebagai Putri Mahkota Keraton Jogjakarta. Foto: Radar Jogja/JPNN

jpnn.com - GUSTI Kanjeng Ratu (GKR) Pambayun telah dinobatkan sebagai Putri Mahkota Keraton Jogjakarta. Hal itu ditetapkan dalam acara Dawuhraja pada Selasa (5/5) lalu.

Dalam penobatan itu, gelar putri pertama Sultan Hamengku Bawono X itu berganti menjadi Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Mangkubumi. Banyak yang meyakini, diberikannya gelar tersebut menandakan bahwa Pambayun yang akan menjadi pewaris tahta Keraton Jogjakarta selanjutnya. Bagaimana sosok perempuan yang juga istri dari KPH Wironegoro itu ?

 

RIZAL SETYO NUGROHO/HERU PRATOMO, JOGJA

 

Dalam prosesi Dawuhraja, seperti dijelaskan oleh Sri Sultan Hamengku Bawono X, awalnya GKR Pembayun duduk berjejer bersama-sama dengan adik-adiknya yang lain. Kemudian, HB X meminta Pembayun maju di depan HB X dan dibacakan dari Dawuhraja itu.

“Setelah saya menetapkan, dia berhak dipersilakan duduk di Watu Gilang,” terang Sultan HB X di Dalem Wironegaran, Jumat (7/5).

Dari situ bisa disimbolkan bahwa HB X menunjuk putri pertamanya itu sebagai penerusnya. Ada pun di mata adik-adiknya, GKR Mangkubumi adalah sosok yang bijaksana dan hati-hati dalam bertindak. Selain itu, juga memiliki sisi humor.

GUSTI Kanjeng Ratu (GKR) Pambayun telah dinobatkan sebagai Putri Mahkota Keraton Jogjakarta. Hal itu ditetapkan dalam acara Dawuhraja pada Selasa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News