Cerita Kolonel Nalendra, Anggota Tim Dokter Ahli Presiden Jokowi

Jaga Kesehatan Presiden Sama dengan Jaga Negara

Cerita Kolonel Nalendra, Anggota Tim Dokter Ahli Presiden Jokowi
Cerita Kolonel Nalendra, Anggota Tim Dokter Ahli Presiden Jokowi

jpnn.com - Bertugas memimpin negara menjadikan presiden dituntut memiliki kesehatan yang selalu prima. Tak terkecuali Presiden Jokowi saat ini. Salah seorang dokter yang bertugas memastikan kesehatannya adalah Kolonel Nalendra yang kini juga menjabat kepala RSAL dr Ramelan Surabaya.

Laporan Muniroh, Surabaya

SUSAH-susah gampang menemui sosok satu ini. Hampir setiap pekan, dia pergi-pulang Istana Negara dan Surabaya terkait dengan dua jabatan yang diembannya. Yaitu, sebagai kepala RSAL dr Ramelan dan anggota tim ahli dokter kepresidenan Jokowi. Dia adalah Kolonel Laut (K) dr IGD Nalendra D.I. SpB SpBTKV (K), 51.

Ditemui pada Rabu lalu (6/5), Nalendra baru datang dari Jakarta. Beberapa jam kemudian, pada hari yang sama, dia sudah mesti bertolak ke Papua. Nalendra akan mendampingi Jokowi selama kunjungan di Jayapura.

Sosok Nalendra begitu sederhana. Mengenakan seragam militer lengkap, gurat wajahnya langsung menampakkan senyum saat disapa. ”Presiden itu lambang negara. Saya menyebutnya RI I. Harus terjaga kesehatan dan keselamatannya. Kalau terjadi apa-apa, itu berarti yang diserang negara,” ujarnya.

Menurut dia, menjadi dokter ahli presiden memang tidak mudah. Dia harus memastikan kesehatan fisik sang pemimpin negara. Terpilihnya Nalendra sebagai dokter presiden melalui beberapa tahap.

Hal itu dimulai saat RI I dan II terpilih pada Juli tahun lalu. Ketua dokter kepresidenan masa SBY mencari tim baru. Tim tersebut terdiri atas dokter pribadi presiden, dokter pribadi wakil presiden, dan tim dokter ahli kepresidenan Jokowi. Nalendra dipercaya tergabung dalam tim ahli.

Bedanya dengan dokter pribadi, tim ahli beranggota para akademisi dan guru besar di bidang kedokteran. Kebanyakan mereka berasal dari kepolisian atau militer yang memiliki sertifikasi keahlian.

Bertugas memimpin negara menjadikan presiden dituntut memiliki kesehatan yang selalu prima. Tak terkecuali Presiden Jokowi saat ini. Salah seorang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News