Beginilah Penampakan Pasar Johar, Sengaja Dibakar?

Beginilah Penampakan Pasar Johar, Sengaja Dibakar?
Kondisi Pasar Johar yang terbakar Sabtu malam (9/5). Atap pasar yang dirancang arsitek asal Belanda,Thomas Karsten, itu tetap kokoh. Foto: Nur Chamim/Radar Semarang

jpnn.com - SEMARANG – Muncul kecurigaan kebakaran dahsyat di Pasar Johar dan Pasar Yaik, Semarang, Sabtu malam (9/5), karena ada unsur kesengajaan. Rata-rata pedagang berprasangka bahwa pasar sengaja dibakar karena akan ada proyek baru.

’’Kami curiga Pasar Johar sengaja dibakar,’’ ujar salah seorang pemilik kios elektronik, Abdul Manan, saat ditemui Jawa Pos Radar Semarang kemarin.

Menurut dia, dugaan adanya unsur kesengajaan menjadi isu klasik. Namun, hal itu patut diselidiki polisi. Sebab, tidak jarang pasar-pasar tradisional bernasib serupa agar menjadi proyek-proyek baru yang bisa digarap.

Api membara di Pasar Johar, Semarang, sekitar pukul 21.15. Namun, sekitar pukul 00.00, api yang menjilat-jilat merembet dan melalap blok Pasar Yaik di barat Pasar Johar.

Kepala Pusat Laboratorium Forensik Polri Cabang Semarang Kombes Setiani Dwi Astuti menyatakan, kebakaran pasar di Jateng selama ini dipicu berbagai penyebab. Mulai faktor korsleting arus pendek listrik hingga kesengajaan. ’’Untuk kebakaran di sini, kami belum bisa berspekulasi,’’ katanya.

Sejauh ini, pihaknya masih menunggu api benar-benar padam sebelum tim forensik masuk untuk mengambil sampel puing-puing. Termasuk mencari titik kemunculan api.

’’Kami belum bisa masuk. Api belum padam. Kalau sudah padam, nanti kami masuk mengambil barang bukti,’’ tutur Dwi ketika ditemui wartawan di lobi Hotel Metro di depan Pasar Johar.

Dwi berjanji hasil penelitian laboratorium forensik secepatnya diselesaikan. Dengan demikian, penyebab kebakaran Pasar Johar dan Pasar Yaik segera diketahui.

SEMARANG – Muncul kecurigaan kebakaran dahsyat di Pasar Johar dan Pasar Yaik, Semarang, Sabtu malam (9/5), karena ada unsur kesengajaan. Rata-rata

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News