Mendag: Kalau Seperti ini Indonesia jadi Bangsa 'Bekas'

Mendag: Kalau Seperti ini Indonesia jadi Bangsa 'Bekas'
Mendag Rachmat Gobel. FOTO: dok/jpnn.com

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Perdagangan mengaku geram atas semakin banyaknya baju bekas yang menyerbu Indonesia secara illegal. Dalam acara peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas), Menteri Perdagangan Rachmat Gobel mengkampanyekan anti pakaian bekas eks impor.

Kata dia jika minat masyarakat begitu tinggi kepada barang bekas, maka bukan tidak mungkin Indonesia akan menjadi negara 'bekas'. "Kalau seperti ini kita (Indonesia) jadi bangsa bekas," ujar Gobel di Jakarta, Selasa (12/5).

Meski begitu, Gobel sesumbar bakal menekan masukknya pakaian eks impor ke Indonesia. Salah satu langkah yang akan ditempuh yakni dengan berkoordinasi dengan Kepolisian, Direktorat Jendral Bea Cukai Kementerian Keuangan dan Pemerintah Daerah. Sebab, hal tersebut juga bisa mencoreng nama Indonesia di mata dunia.

"Kita tentu tidak mau bangsa besar ini jadi bangsa 'bekas'. Kita punya martabat dan derajat bangsa," sebut dia.

Di samping itu, Gobel juga mengajak masyarakat ikut andil dalam menjaga pasar dalam negeri. "Masyarakat juga harus menjaga dan mengontrol pasar kita sendiri, jangan cuma bisa komentar saja," pinta Gobel. (chi/jpnn)


JAKARTA - Kementerian Perdagangan mengaku geram atas semakin banyaknya baju bekas yang menyerbu Indonesia secara illegal. Dalam acara peringatan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News