Ketum Partai KMP Tak Hadiri Pembukaan Kongres PD, Ini Penjelasan Fadli Zon

Ketum Partai KMP Tak Hadiri Pembukaan Kongres PD, Ini Penjelasan Fadli Zon
Ketum Partai KMP Tak Hadiri Pembukaan Kongres PD, Ini Penjelasan Fadli Zon

jpnn.com - SURABAYA - Pembukaan kongres Partai Demokrat (PD) di Surabaya, Selasa (12/5) malam minus ketua umum dari partai yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih (KMP). Hanya Ketua Umum Partai Amanat NAsional (PAN) Zulkifli Hasan yang hadir di acara pembukaan kongres partai pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu.

Sikap para pimpinan kubu oposisi pemerintahan ini berbanding terbalik dengan rival mereka yang tergabung di Koalisi Indonesia Hebat (KIH). Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum PKPI Sutiyoso, Ketua Umum Hanura Wiranto dan Ketua Umum PPP versi Muktamar Surabaya Romahurmuziy semua bersedia memenuhi undangan PD untuk hadir dalam pembukaan kongres yang digelar di Shangri-La Hotel itu.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mengatakan, pemimpin partainya Prabowo Subianto berhalangan hadir. Pasalnya, mantan komandan Kopasus itu tengah berada di luar negeri.

"Pak Prabowo ke luar negeri jadi tak bisa hadir, jadi saya yang mewakilinya," kata pria yang juga menjabat sebagai wakil ketua DPR itu di lokasi Kongres IV PD.

Fadli pun menegaskan bahwa ketidak hadiran para ketua partai anggota KMP tidak perlu dibesar-besarkan. Pasalnya, mereka semua adalah orang penting yang punya banyak kesibukan.

"Ya wajar kan mereka banyak kegiatan pasti ada sibuk. Tidak ada hal lainnya. Hanya soal kesibukan saja," jelasnya.

Selain Prabowo, Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie, Presiden PKS Anis Matta, Ketua Umum PPP Versi Munas Jakarta Djan Faridz dan Ketua Umum PBB MS Kaban juga tidak hadir. Bahkan tidak ada sama sekali perwakilan dari PKS dan PBB yang datang.

Dari KIH hanya Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum NasDem Surya Paloh yang tidak datang. Mega mengirim Wasekjen PDIP Ericko Sotarduga sebagai perwakilan. Sementara dari NasDem hadir Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Tedjo Edi Purdijatno.(dil/jpnn)

SURABAYA - Pembukaan kongres Partai Demokrat (PD) di Surabaya, Selasa (12/5) malam minus ketua umum dari partai yang tergabung dalam Koalisi Merah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News