2016, Ujian Sekolah SD Diusulkan Online

2016, Ujian Sekolah SD Diusulkan Online
2016, Ujian Sekolah SD Diusulkan Online. Foto Radar Surabaya/JPNN.com

jpnn.com - JPNN.com SURABAYA – Empat hari menjelang ujian sekolah (US) SD, Dinas Pendidikan (Dispendik) Jatim mendistribusikan soal ke beberapa daerah.

Tak hanya itu, dispendik berharapUS SD pada tahun depan bisa menggunakan CBT (computer based test) atau online.

Kepala Dispendik Jatim Dr Saiful Rahman mengatakan bahwa satu-satunya cara untuk memutus budaya curang dalam UN adalah menggunakan CBT.

Karena itu, pihaknya telah mengusulkan ke Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) agar pada tahundepan, baik UN SMP, SMA/SMK, maupun US SD/MI, menggunakan metode CBT.

”Jatim siap. Tinggal bagaimana kesiapan pusat saja untuk melaksanakan CBT ini. Toh sekarang anak kecil juga sudah pintar pakai komputer dan gadget,” tutur Saiful, usai mendistribusikan naskah soal US SD/MI di PT Jasuindo Sidoarjo seperti yang dilansir Radar Surabaya (Jawa Pos Group), Rabu (13/5).

Mantan Kepala Badan Diklat ini mengatakan, selama ini kecurangan terjadi dalam UN. Hal itu disebabkan masih adanya celah untuk melakukan itu.

Di samping itu, UN PBT juga dijadikan pihak-pihak tidak bertanggung jawab untuk menjual kunci jawaban.

“Padahal, belum tentu itu kunci jawaban UN sebenarnya. Kami juga telah melaksanakan seluruh prosedur pengawasan sekaligus pengamanan sesuai aturan,” kata dia. (han/iku/jpnn)

JPNN.com SURABAYA – Empat hari menjelang ujian sekolah (US) SD, Dinas Pendidikan (Dispendik) Jatim mendistribusikan soal ke beberapa daerah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News